Sukses

ASDP Kantongi Rp 1 Trilun Buat Bangun Tol Laut Jokowi

ASDP mendapatkan dana segar Rp 1 trilun dari Penyertaan Modal Negara (PMN).

Liputan6.com, Cilegon - Guna mewujudkan tol laut ala Jokowi, Angkutan Sungai, Danau, dan Pelabuhan (ASDP) mendapatkan dana segar sebesar Rp 1 trilun dari Penyertaan Modal Negara (PMN).

"Untuk berapa-berapa diporsikan di Pelabuhan Merak, itu otoritas Kantor Pusat. Komitmen kita menjadikan Pelabuhan Merak ini sebagai salah satu prioritas yang mendukung program tol laut pemerintah," kata General Manajer PT. ASDP Ferry Cabang Merak, Yanus Lentanga, (5/2/2015).

PMN tersebut di dapatkan ASDP dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPR-RI di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dana sebesar itu akan dipergunakan untuk membangun dermaga baru dan membeli kapal guna membangun konektifitas transportasi antar pulau di Indonesia. Sekaligu menjadikan Pelabuhan Merak menjadi pelabuhan berskala internasional dan lebih modern.

ASDP Cabang Merak akan mempergunakan dana tersebut untuk membangun dermaga VI dan VII. Tak hanya itu, fasilitas penunjang lainnya pun akan dibangun seperti gang way.

Bahkan, pembangunan dermaga VI pun yang sebelumnya dilaksanakan oleh Kementrian Perhubungan akan di ambil pembangunannya oleh Kementerian BUMN.

"Dari pembicaraan kita di wilayah dengan jajaran pimpinan di Pusat, fokus pembangunan lanjutan dermaga VI akan diteruskan. Begitu juga rencana pembangunan Dermaga VII. Kemungkinan termasuk di dalamnya fasilitas penunjang lainnya di Pelabuhan ini," tegasnya. (Yandhi/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.