Sukses

Di Daerah Ini, Tiket Pesawat Jadi Penyumbang Inflasi Terbesar

Di beberapa daerah tingginya harga tiket pesawat telah mengurangi daya beli masyarakat.

Liputan6.com, Pontianak- Di beberapa daerah, tingginya harga tiket pesawat telah mengurangi daya beli masyarakat. Salah satunya di Pontianak, Kalimantan Barat yang menjadi salah satu penyumbang angka inflasi terbesar di daerah itu selama bertahun-tahun.

Kepala Pimpinan Kantor Wilayah Bank Indonesia (BI) Pontianak, Dwi Suslamanto mengaku akan mencoba untuk mengurangi peran harga tiket pesawat tersebut ke angka inflasi daerah pada tahun ini

"Kita ngomong lah sama Garuda dan Kalstar, jangan besar kenaikan harganya, turunnya pun jangan drastis itu memungkinakan atau tidak. Kami negosiasi saja dengan mereka," kata Dwi saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Saat ini, di Pontianak menjadi salah satu hub beberapa maskapai salah satunya Garuda dan Kalstar untuk menuju beberapa kota-kota kecil di daerah seperti Kabupaten Kapuas Hulu.

Adapun harga tiket kedua maskapaia tersebut menuju beberapa wilayah di Kaimantan Barat lainnya mencapai kisaran Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta per orang.

‎Angka inflasi di Pontianak sendiri sepanjang tahun 2014 tercatat sebesar 9,38 persen dengan kontribusi tiket pesawat mencapai‎ 1,28 persen. "Ini harus segera diantisipasi agar daya beli masyarakat tidak terus berkurang," tegas Dwi. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini