Sukses

Mulai 1 April 2015, KAI Tambah Puluhan Jadwal Perjalanan Baru

Dengan diberlakukan Gapeka 2015 ini, PT KAI akan menambah kapasitas angkutan penumpang dan barang dari tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menambah perjalanan kereta api untuk menyesuaikan dengan peningkatan penumpang dan juga menyesuaikan dengan rencana kerja 2015. Penambahan perjalanan tersebut berdampak kepada perubahan jadwal keberangkatan.

"Pada Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2015, PT KAI akan menambah 50 jadwal perjalanan kereta api baru untuk angkutan penumpang dan 24 jadwal perjalanan kereta api baru untuk angkutan barang di Jawa," kata Head of Corporate Communication PT KAI Agus Komarudin, di Jakarta Railway Center, Jakarta, Selasa (17/2/2015).

Agus melanjutkan, dengan diberlakukan Gapeka 2015 ini, maka per 1 April 2015 jadwal perjalanan KA mengalami perubahan untuk menyesuaikan dengan penambahan perjalanan tersebut.

Selain itu, KAI juga akan menambah perjalanan KRL. Untuk KRL Jabodetabek, Agus mengatakan PT KAI akan menambah 7 loop perjalanan KRL dan menambah 2 jadwal perjalanan KA Bandara Kualanamu.

Ia melanjutkan, dengan diberlakukan Gapeka 2015 ini, PT KAI akan menambah kapasitas angkutan penumpang dan barang dari tahun sebelumnya. "2014 lalu, volume angkutan penumpang mencapai sekitar 280 juta penumpang dan volume angkutan barang sekitar 32 juta ton. Pertumbuhan angkutan barang 2015 ditargetkan sebesar 35 persen, sementara untuk angkutan penumpang dapat tumbuh sebesar 10 persen," terang Agus.

Secara garis besar, akan terjadi penambahan waktu perjalanan baik untuk kereta api penumpang maupun barang. Rata-rata penambahan waktu sekitar 10 menit. "Penambahan waktu itu disebabkan beberapa faktor, di antaranya perubahan jadwal perjalanan KA, penyesuaian jadwal KA jarak jauh dari dan ke Jakarta dengan jadwal operasional KRL dan KA lokal, perubahan waktu berhenti di beberapa stasiun untuk kepentingan operasional, pengisian air di stasiun tertentu, serta penambahan waktu tempuh untuk lebih menjamin tepat waktu," terang Agus.

Agus juga menyampaikan untuk jadwal lebih jelas tentang jadwal keberangkatan atau kedatangan kereta api 2015, masyarakat bisa melihat di website resmi PT KAI di www.tiket.kereta-api.co.id. (Silvanus Alvin/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.