Sukses

Di Penjara Ini, Buah Segar Jadi Mata Uang

Di sebuah penjara remaja di Inggris, buah segar berubah menjadi alternatif mata uang.

Liputan6.com, London - Tak selamanya uang berbentuk koin atau kertas. Di sebuah penjara remaja di Inggris, buah segar berubah menjadi alternatif mata uang.

Utang dan uang suap dibayar lunas dengan menggunakan pisang, apel atau buah-buahan segar lain yang sulit ditemukan di penjaga tersebut. Pasalnya, buah-buahan yang disediakan di Young Offenders Institute tercatat sangat rendah kualitasnya.

Alhasil para narapidana yang lebih muda harus menyerahkan buah-buah segar pada para pelaku kriminal yang lebih tua. Karena saat itu di penjara tersebut, mendapatkan buah segar jauh lebih sulit daripada menjarah uang.

Lantas bagaimana hingga akhirnya buah segar bisa berubah menjadi semacam mata uang di penjara khusus remaja tersebut? Berikut ulasannya seperti dikutip dari News.com.au, Fox News, Oddee.com dan sejumlah sumber lain, Kamis (18/2/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buah berkualitas buruk

Buah berkualitas buruk

Permintaan sangat tinggi terhadap buah-buahan segar terjadi di salah satu penjara remaja di Inggris. Pasalnya, kualitas buah yang disajikan di sana sangat buruk hingga akhirnya banyak narapidana enggan memakannya.

Bahkan saking sulitnya mendapatkan buah segar, sejumlah narapidana pernah terlibat perkelahian. Beberapa remaja yang kelaparan tak takut saling menganiaya hanya demi sebuah apel segar.

Tentu saja, itu bisa terjadi mengingat sejumlah studi menyebutkan, makanan merupakan salah satu fondasi membangun kesuksesan. Terdapat hubungan yang kuat antara sikap, kinerja berpikir dan menu makanan yang dikonsumsi.

3 dari 4 halaman

Menu makanan penjara yang tak sehat

Menu makanan penjara yang tak sehat

Akhirnya wawancara dilakukan pada 50 narapidana muda yang masih berusia antara 15-18 tahun di tiga lembaga. Dari menu mingguan yang disajikan sembilan penjara, dapat disimpulkan bahwa seluruh penjara tersebut tidak menghabiskan cukup dana untuk membeli makanan sehat.

Sejumlah penjara memberikana menu makanan yang tinggi kalori dan rendah nutrisi. Jenis makanan tersebut tentu saja dapat berbahaya bagi kesehatan dan membuat sikap Anda menjadi lebih buruk.

Tak heran, jika beberapa kali para narapidana terlibat perkelahian demi sepotong buah segar. Bahkan di sana buah segar telah berubah menjadi seperti mata uang.

4 dari 4 halaman

Buah jadi mata uang

Buah jadi mata uang

Karena langkanya buah segar di sejumlah penjara remaja di Inggris, buah akhirnya menjadi mata uang tersendiri antar narapidana. Buah segar digunakan untuk membayar utang pada narapidana yang lebih tua.

Bahkan narapida lebih memilih disuap dengan buah segar daripada diberikan sogokan dalam bentuk uang. Lagi-lagi itu semua disebabkan rendahnya nutrisi pada makanan yang disediakan sipir penjara.

Ke depan, juru bicara Kementerian Keadilan Inggris menyatakan akan lebih memperhatikan makanan yang disediakan pada para pemuda. Ke depan, tim pengawas akan secara reguler melakukan pengecekan terhadap kualitas makanan di sejumlah penjara remaja di Inggris. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini