Sukses

Harga Minyak Turun 3 Hari Berturut-turut

Jumlah rig pengeboran minyak AS terus berkurang dan berada di posisi terendah tiga tahun.

Liputan6.com, New York - Harga minyak terus merosot dalam tiga hari berturut-turut meski adanya pengurangan jumlah rig yang beroperasi di Amerika Serikat (AS) akibat membanjirnya stok di Amerika Serikat (AS). Hal itu tidak begitu terpengaruh terhadap harga karena melimpahnya stok minyak AS.

Dilansir dari Wall Street Journal, Sabtu (21/2/2015), harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) turun US$ 82 sen atau -1,6 persen menjadi US$ 50,34 per barel di New York Mercantile Exchange. Kontrak pengiriman minyak Maret berakhir pada akhir perdagangan Jumat.

Sedangkan kontrak April diperdagangkan lebih aktif menetap US$ 1,02 sen, atau 2 pesen menjadi US$ 50,81 per barel. Sementara jenis Brent ditutup naik 1 sen, atau 0,02 persen menjadi US$ 60,22 per barel di bursa ICE Futures London.

Badan Administrasi Informasi Energi AS melaporkan persediaan minyak mentah AS mencapai rekor pada minggu lalu, ini menjadi tanda bahwa harga yang murah mulai mempengaruhi aktivitas produksi.

Persediaan minyak tumbuh sebesar 7,7 juta barel pekan lalu menjadi 426 juta barel, level tertinggi untuk saat ini tahun setidaknya  dalam 80 tahun.

Kondisi ini diperparah karena OPEC memutuskan untuk tidak memangkas produksi tahun lalu, meskipun harga merupakan upaya nyata untuk mempertahankan pangsa pasarnya terhadap booming industri AS shale.

Harga sempat melonjak selama bulan lalu, dengan Brent tercatat naik 35 persen dari level rendah pada pertengahan Januari. Beberapa analis meramalkan harga minyak bisa terdongkrak karena berkurangnya jumlah rig minyak di AS.

Dalam beberapa pekan terakhir mentah telah jatuh akibat menguatnya laporan stok yang melimpah,  kemudian rally dalam seminggu ketika data dari Baker Hughes menunjukkan jumlah rig pengeboran minyak AS berada di posisi terendah tiga tahun. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.