Sukses

Menteri Yuddy: Ada Pejabat Lobi Minta Anaknya Lolos Tes CPNS

Menteri Yuddy disambangi sejumlah pejabat daerah dan pusat setara Eselon I yang meminta anggota keluarganya diloloskan jadi CPNS.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatiur Negara dan Reformasi Birokrasi Yudi Chrisnandi mengaku ada sejumlah pejabat daerah dan pusat yang melobi agar anggota keluarganya lolos tes calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Menurut Yuddy, hal itu menjadi salah satu penyebab utama beberapa instansi di daerah yang hingga saat ini belum mengumumkan tes seleksi CPNS.

"Bukan karena keterlambatan pusat atau Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Sebenarnya Panselnas itu sudah umumkan tapi mereka tidak ambil karena dia masih ingin coba tawar menawar baru nanti diumumkan," kata Yuddy di kantornya, Kamis (26/2/2015).

Bahkan Menteri Yuddy pernah disambangi sejumlah pejabat daerah dan pusat setara Eselon I yang meminta anggota keluarganya baik anak maupun saudaranya agar diloloskan jadi CPNS.

Namun mengingat komitmen Yuddy untuk menjadikan birokrasi di Indonesia bersih, dia mengaku menolak apa yang coba dilobi oleh beberapa pejabat tersebut.

"Kemarin ada yang minta anaknya diloloskan‎, memang banyak perilaku pejabat yang belum menyesuaikan iklim revolusi mental, dan ini kita harus betul-betul bersikap," ceritanya.

Yuddy tidak akan memberikan sanksi apapun kepada para pejabat daerah yang tidak mengumumkan hasil tes CPNS, mengingat batas pengumumannya adalah 28 Februari 2015.

"Kalau tidak diumumkan itu risiko mereka sendiri, bakal dihujat oleh orang-orang yang sudah ikut seleksi di instansinya sendiri," tutupnya. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini