Sukses

Subsidi Listrik Rumah Tangga 1.300-2.200 VA Dicabut April

Setelah dicabut, tarif listrik rumah tangga dengan daya 1.300-2.200 Va bakal bergerak naik turun seperti pertamax.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir tahun lalu, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan rencananya untuk menghapus subsidi listrik pada sejumlah golongan pelanggan tertentu termasuk  pelanggan rumah tangga dengan daya 1.300 voltampere (VA) dan 2.200 VA.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman mengungkapkan, Maret akan menjadi bulan terakhir di mana para pelanggan golongan tersebut menikmati subsidi listrik.

"Prinsipnya (pelanggan dengan daya 1.300 dan 2.200 VA) sudah harus diterapkan automatic tariff adjustment (penyesuaian tarif secara otomatis) mulai akhir April nanti," ungkap Jarman di Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Dia mengatakan, artinya akan bertambah golongan yang menerapkan automatic tariff adjustment saat subsidi listriknya dicabut. Meski begitu, belum ada keterangan lengkap mengenai tahapan pencabutan listrik untuk pelanggan berdaya 1.300 dan 2.200 VA tersebut.

"Golongan yang sekarang sudah diterapkan adjustment kan sudah tidak menerima subsidi. Nanti dilihat pola penerapannya apakah langsung dicabut subsidinya secara keseluruhan atau bagaimana," tuturnya.

Pada akhir tahun lalu, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana mencabut subsidi listrik untuk 12 golongan pelanggan tertentu termasuk pelanggan rumah tangga 1.300 VA ke atas. Namun pencabutan subsidi listrik pelanggan golongan tersebut sebelumnya tertunda dan rencananya akan dilakukan bulan depan. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.