Sukses

Rupiah Kembali Tembus Rp 13.000, BI: Jangan Khawatir

Gubernur BI Agus Martowardojo mengungkapkan pergerakan ru‎piah tersebut tidak terlepas dari sentimen global.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kembali menyentuh level 13.000 per dolar AS pada Kamis (5/3/2015). Bank Indonesia (BI) menilai kondisi rupiah tersebut masih dalam range yang wajar.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengungkapkan pergerakan ru‎piah tersebut tidak terlepas dari sentimen global.
 
"Secara umum kondisi ekonomi kita baik, jadi tidak perlu khawatir terhadap rupiah, bahwa perkembangan dunia yang justru perlu terus kita waspadai," kata Agus di Gedung BI.
 
Agus menegaskan pergerakan rupiah dalam tahun ini diperkirakan akan lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Namun begitu, BI tetap menjaga pergerakan volatilitas rupiah untuk tidak lebih dari 10 persen.
 
Selain itu, untuk menjaga range pergerakan rupiah tersebut Bank Indonesia akan selalu ada di pasar. Hal ini sesuai dengan perintah Presiden RI dimana BI harus mampu menjaga nilai tukar rupiah yang sewajarnya.
 
"Secara umum memang kita melihat ada pelemahan tapi itu hanya bersifat sementara dan folatilitasnya akan tetap kita jaga," tegasnya.
 
‎Data Valuta Asing Bloomberg, Kamis (5/3/2015), menunjukkan, pada pembukaan pukul 08.00 WIB, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di level 12.999 per dolar AS. Namun rupiah terus tertekan hingga menyentuh level 13.050 per dolar pada pukul 08.15 WIB. 
 

Sampai pukul 09.45 WIB, nilai tukar rupiah masih berkutat di level 13.028. Dalam perdagangan sampai siang ini, rupiah berada di kisaran 12.999 per dolar AS hingga 13.052 per dolar AS. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.