Sukses

Pasar Modal RI Lebih Banyak Dimanfaatkan Investor Asing

Investor dalam negeri yang menanamkan modalnya di sektor pasar modal masih adanya keraguan akibat pemilu.

Liputan6.com, Jakarta - Meski disebut sebagai salah satu pasar modal yang memiliki kinerja terbaik di dunia, namun bursa Indonesia justru masih jarang dimanfaatkan investor di dalam negeri.

Director of Business Development PT Manulife Aset Management Indonesia Putut E Andanarawih mengatakan pasar modal Indonesia justru lebih banyak dimanfaatkan investor asing.

‪"Jadi bingung kan, pasar modal kita terbaik di dunia, tapi orang indonesia malah banyak investasi di deposito, yang memanfaatkan jadi ya investor asing," ujarnya di Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Menurut Putut, masih sedikitnya investor dalam negeri yang menanamkan modalnya di sektor pasar modal masih adanya keraguan akibat pemilu, pemilihan presiden, serta kabinet pada tahun lalu.

Dan pada tahun ini, investasi di pasar modal memiliki potensi yang baik, apalagi rekor Indeks Harga Saham Gabungan yang sempat meroket kisaran level 5.400.‬

‪"Investasi di pasar modal tahun lalu agak takut. Karena kan ada pemilu, pemilihan presiden, kabinet. Orang takut akhirnya memilih ke deposito saja. Sekarang investor terutama lokal saya lihat sudah mulai investasi di pasar modal," kata dia.

Namun, Putut juga mengingatkan bagi masyarakat yang ingin mengalihkan dananya dari tabungan atau deposito ke instrumen investasi maka perlu memili pengetahuan dan pemahaman agar memiliki perhitungan yang tetap terkait investasinya.

‪"Kalau mau mengalihkan dananya ke luar deposito harus hati-hati disesuaikan dengan tingkat resikonya," tandasnya. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini