Sukses

RI Negara ke-8 Importir Senjata Terbesar di Dunia

Laporan IHS Aerospace, Defense & Security juga mengungkap Indonesia sebagai salah satu importir senjata terbesar di dunia.

Liputan6.com, New York - Kebutuhan senjata sebagai bentuk pertahanan nasional ternyata kian dibutuhkan Arab Saudi yang tahun ini menjadi importir senjata terbesar di dunia. Laporan IHS Aerospace, Defense & Security juga mengungkap Indonesia sebagai salah satu importir senjata terbesar di dunia.

Mengutip laporan IHS dari CNBC, Senin (9/3/2015), Indonesia menempati urutan ke-8 dari seluruh importir senjata terbesar di dunia pada 2014. Di tahun sebelumnya, Indonesia tercatat berada di peringkat ke-6 untuk kategori serupa.

"Perdagangan senjata internasional meningkat 13,4 persen dari tahun lalu," ujar analis pertahanan senior di IHS Ben Moores.

Dia menjelaskan, angka ini dipicu permintaan dari militer negara-negara berkembang serta meningkatnya ketegangan di Timur Tengah dan Asia Pasifik.

Sebagai importir terbesar, impor senjata Arab Saudi tercatat meningkat hingga 52 persen menjadi US$ 9,8 miliar tahun ini. Temuan tersebut mengacu pada pengiriman legal dengan laporan lengkap. 

Sementara itu, tahun ini pemerintah China menambah anggaran untuk pembelian senjata untuk pertahanan negara. Akibatnya, China berhasil melompat ke posisi ketiga sebagai negara importir senjata terbesar di dunia.

Berikut urutan 10 negara pengimpor senjata terbesar di dunia:

1. Arab Saudi

2. India

3. China

4. Uni Emirat Arab

5. Taiwan

6. Australia

7. Korea Selatan

8. Indonesia

9. Turki

10. Pakistan

 (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini