Sukses

Jalur Kereta Api Lintas Sumatera akan Dibangun Tanpa Perlintasan

Ini demi menciptakan kualitas lebih baik dari jalur KA di Pulau Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal fokus membangun jalur Kereta Api (KA) lintas Sumatera di tahun ini.

Demi menciptakan kualitas lebih baik dari jalur KA di Pulau Jawa, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hermanto‎ Dwiatmoko mengungkapkan pembangunan jalur KA tidak akan melewati perlintasan sebidang.

"Semua track itu waktu didesain sudah underpass atau fly over semua, jadi di Sumatera nanti tidak ada yang memotong jalan raya seperti di Jawa," kata dia di kantor Kementerian Perhubungan, Senin (9/3/2015).

Apa yang dikatakannya tersebut sesuai dengan adanya Undang-Undang baru‎ dimana setiap pembangunan jalur KA tidak akan mengganggu jalan raya yang dilewatinya.

Pembangunan jalur KA untuk wilayah Sumatera, pemerintah akan memfokuskan pembangunan jalir dari Rantauprapat, Sumatera utara ke Kertapati, Sumatera Selatan. Sementara untuk menghubungkan pantau timur dengan pantai barat‎ Sumatra, akan dibangun jalur KA dari Pekanbaru menuju Padang.

"Nanti semua akan dibangun oleh pemerintah melalui APBN baik tanah ataupun konstruksi," tegas dia.

Dia lebih memilih untuk mengandalkan APBN dalam proyek pembangunan kereta api ini mengingat jika diserahkan ke pemerintah daerah akan memakan waktu yang cukup lama.

Namun begitu, dirinya tetap meminta dukungan pada Pemda setempat dalam hal penyelesaian ‎pembebasan lahan. "Untuk bebaskan tanah, kita minta pemda bentuk team supaya cepat jalan," tutupnya. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini