Sukses

Pertengahan 2016, BRI Jadi Bank Pertama yang Luncurkan Satelit

BRI menggandeng perusahaan peluncur satelit Arianespace dari Perancis.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menyatakan siap meluncurkan satelit jaringan komunikasinya pada pertengahan tahun depan. Satelit tersebut merupakan satelit pertama di dunia yang dimiliki sebuah perbankan.

Pelaksana Tugas Direktur Utama BRI, Asmawi Syam mengungkapkan, pembangunan satelit yang dilakukan oleh dua perusahaan satelit asal Perancis akan rampung di pertengahan 2016. Perbankan pelat merah ini menggandeng perusahaan manufaktur satelit dari AS Space System/Loral dan perusahaan peluncur satelit Arianespace dari Perancis.

"Dari pabriknya sampai hari ini mengatakan on schedule bakal selesai pada pertengahan 2016," tegas dia saat menghadiri acara Microfinance Forum di Jakarta, Rabu (11/3/2015).

Satelit jaringan komunikasi ini, kata Asmawi, merupakan salah satu inovasi BRI untuk mendorong bisnis di portofolio pembiayaan mikro (microfinance‎) di daerah-daerah pelosok Indonesia. Langkah ini mendapat dukungan dari seluruh perbankan di dunia.

"Mereka cukup kagum karena Indonesia dinilai salah satu negara yang fokus pada microfinance. BRI adalah yang pertama memiliki satelit untuk mendukung jaringan kami, termasuk bisnis microfinancing," paparnya.

Dengan satelit tersebut, tambah dia, biaya operasional BRI akan efisien secara signifikan. Pasalnya pengoperasian satelit ini, sambung Asmawi, berjangka waktu hingga 17 tahun, antara lain 15 tahun lifetime pesawat dan tambahan 2 tahun.

"Dengan satelit aktivitas kita akan bertambah. Bisa saja saya jadi sering melakukan teleconference dengan nasabah untuk mengetahui apa saja kebutuhan mereka dan meningkatkan aksesibiliti nasabah," tukas dia. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini