Sukses

Solusi Macet Jakarta, JK: Bangun Rumah Susun yang Banyak

Pemerintah harus membangun rumah susun lebih banyak di Jakarta sehingga masyarakat tidak perlu menempuh berjalanan jauh

Liputan6.com, Jakarta - Meski Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) telah resmi dibubarkan pada akhir tahun lalu, namun pengembangan pembangunan daerah seperti di wilayah ibukota tetap harus dikoordinasikan dengan pemerintah pusat.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, koordinasi bisa kembali dilakukan oleh dirinya. Dengan demikian pengembangan pembangunan daerah sejalan dengan rencana pemerintah pusat.

"Semua bisa dikoordinasikan, kita juga bisa koordinasikan. Nanti setelah DKI berikan laporan, kita bisa bahas bersama," ujarnya di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (11/3/2015).

Menurut JK, meski permasalahan infrastruktur transportasi di ibukota merupakan hal yang kompleks, namun hal ini perlu terus dikembangkan untuk mengurangi kemacetan.

"Ini kompleks masalahnya, yang penting kan bangun infrastruktur publik transport. Dan itu kan MRT sudah dibangun, yang lainnya harus dibangun lagi," tandasnya.

Dan hal kedua yang perlu dilakukan adalah membangun rumah susun lebih banyak hingga masyarakat tidak perlu menempuh berjalanan jauh yang berpotensi menimbulkan penumpukan kendaraan.

"Kedua, harus bikin rumah tingkat, rumah susun banyak agar orang tidak tinggalnya berpencar-pencar. Banyak soal seperti itu. Nanti kita lihat DKI punya tindakan, dan itu masalah daerah, UKP4 memberikan saran ke DKI," tandasnya.(Dny/Ndw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.