Sukses

BI: Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi Bisa Tolong Rupiah

Paket kebijakan ekonomi ini dapat menolong defisit transaksi berjalan dan menstabilkan kurs rupiah.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyambut baik paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah dalam rangka stabilisasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Salah satunya kebijakan insentif reinvestasi di Tanah Air. 
 
Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Juda Agung mengungkapkan, paket kebijakan ekonomi ini dapat menolong defisit transaksi berjalan dan menstabilkan kurs rupiah. 
 
"Menolong sekali. Pertama, kebijakan insentif melakukan reinvestasi yang sangat substansial mengurangi income transfer, neraca jasa dan income di transaksi berjalan. Jadi bisa mengurangi defisit," tutur dia di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/3/2015) malam. 
 
Juda mengakui bahwa kebijakan tersebut tidak akan berdampak instan bagi defisit transaksi berjalan maupun meredam gejolak rupiah. Namun janji memberikan insentif berupa tax allowance bagi perusahaan yang berorientasi pada ekspor dan reinvestasi. 
 
"Mungkin di dalam sebulan ini belum, tapi ini akan memberikan dampak positif ke persepsi bahwa kita terus melakukan reform," terangnya. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini