Sukses

Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi Diumumkan Sore Ini?

Pemerintah masih menghitung dan mempersiapkan payung hukum dari sejumlah paket kebijakan ekonomi secara terperinci.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) telah merumuskan paket kebijakan ekonomi dalam rangka mengurangi defisit transaksi berjalan dan stabilisasi rupiah. Sayangnya, 8 paket kebijakan tersebut masih harus dimatangkan dan dihitung secara detail. 
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil mengungkapkan, pemerintah masih menghitung dan mempersiapkan payung hukum dari sejumlah paket kebijakan ekonomi secara terperinci, seperti Peraturan Presiden, Peraturan Menteri, Inpres dan lainnya.  
 
"Nanti akan dihitung berapa misalnya untuk insentif pajak bagi perusahaan yang berbasis ekspor 30 persen, berapa dapat insentifnya. Kalau lakukan reinvestasi profit, dapat berapa. Ini ada formulasi yang perlu diitung, kalau policy-nya sudah ada," kata dia usai Rakor di kantornya, Jakarta, Jumat (13/3/2015). 
 
Sofyan menjelaskan, kebijakan tersebut sangat siap diimplementasikan Kementerian/Lembaga. Artinya, sambung dia, seluruh menteri terkait sudah setuju terhadap paket kebijakan ekonomi itu. 
 
"Nggak ada tarik-menarik lagi kok, karena Menteri Keuangan sudah oke, Menko Maritim oke. Jadi nggak ada masalah sama sekali, ini tinggal teknikal saja," papar dia. 
 
Jika pengkalkulasian ini rampung, Sofyan memastikan, paket kebijakan ekonomi tersebut dapat diumumkan pada sore ini. "Kalau ini bisa di work out, ya sore ini bisa diumumkan," ucapnya. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini