Sukses

Menko Perekonomian: Persoalan Rupiah Hanya Sementara

Menko Perekonomian, Sofyan Djalil menuturkan, penguatan dolar AS juga menjadi kegelisahan pemerintah AS karena mempengaruhi ekspor.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengungkapkan, nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hanya sementara sehingga tidak terlalu mengkhawatirkan. Lantaran pelemahan rupiah merupakan imbas dari perbaikan ekonomi AS yang dirasakan sebagian besar negara.

Sofyan menuturkan, kondisi rupiah yang saat ini menembus level 13.200 per dolar AS lebih baik dibanding dengan dolar Australia yang anjlok lebih parah. Jadi posisi ini membuat rupiah lebih kuat dibanding dolar Australia dan  memberi keuntungan bagi warga negara yang melanjutkan studi ke negeri Kangguru.

"Rupiah persoalan sementara, semua negara sama. Mahasiswa yang selama ini kirim dari Indonesia dengan kurs rupiah senang sekali. Kenapa?  Rupiah kuat," kata Sofyan di Jakarta, seperti ditulis Selasa (17/3/2015).

Di sisi lain, Sofyan menyebut penguatan dolar AS kini menjadi kegelisahan negara adidaya itu. Dengan penguatan dolar AS mempengaruhi kinerja ekspor serta berkurangnya keuntungan dari pembagian dividen.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), nilai tukar rupiah berada di level 13.237 per dolar pada Senin 16 Maret 2015. Ini level tertinggi sepanjang 2015.

Sebelumnya untuk menjaga nilai tukar rupiah, Presiden RI Joko Widodo telah menyetujui adanya enam  paket kebijakan ekonomi. Keenam kebijakan itu antara lain tax allowance, bea masuk antidumping sementara, pembebasan visa wisata 30 negara, pemanfaatan biodiesel, penerapan letter of credit dan restrukturisasi perusahaan asuransi domestik. Kebijakan ini akan diwujudkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) untuk selanjutnya langsung ditandatangani oleh Presiden. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.