Sukses

BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI Melejit di Kuartal I 2015

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2015 diperkirakan meningkat terutama ditopang oleh konsumsi swasta.

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan mulai membaik pada tahun ini dan secara keseluruhan akan lebih tinggi dari 2014.

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Tirta Segara menjelaskan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2015 diperkirakan meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya, terutama ditopang oleh konsumsi swasta yang meningkat seiring dengan terkendalinya inflasi.

"Konsumsi pemerintah juga membaik sejalan dengan peningkatan pengeluaran pemerintah," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor BI, Jakarta, Selasa (17/3/2015).

Sementara itu, ekspor diperkirakan masih akan terkontraksi, walaupun mulai mengalami perbaikan. Hal ini disebabkan oleh penurunan harga komoditas dan masih lemahnya permintaan dunia.

"Di sisi lain, investasi diperkirakan masih tumbuh terbatas di kuartal I 2015 namun akan meningkat pada kuartal-kuartal selanjutnya seiring dengan meningkatnya belanja modal pemerintah," kata dia.

Secara keseluruhan, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada 2015 akan berada pada kisaran 5,4 persen-5,8 persen.

Hal ini terutama ditopang oleh pertumbuhan investasi yang meningkat seiring dengan realisasi berbagai proyek infrastruktur dan perbaikan iklim investasi di samping konsumsi yang tetap kuat dan ekspor yang secara gradual akan membaik. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini