Sukses

Dukung SDM Pasar Modal, SRO Bursa Gandeng Melbourne University

Sejak tahun 2009 SRO bursa berkeinginan untuk menciptakan sekolah pasar modal.

Liputan6.com, Jakarta - Perhimpunan Pendidikan Pasar Modal Indonesia (P3MI) yang dibentuk oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI), bersama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menjalin kerja sama dengan Merlbourne University untuk mengembangkan pendidikan manajemen di pasar modal.

Direktur Pengembangan BEI, Frederica Widya Sari bercerita, pertumbuhan pasar modal Indonesia mengalami perkembangan signifikan yang terlihat dari semakin meningkatkan minat investor dalam berinvestasi. Seiring dengan semakin berkembangnya pasar modal Indonesia, ketersediaan tenaga profesional yang berlisensi sangat dibutuhkan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, BEI, KPEI, KSEI membentuk Perhimpunan Pendidikan Pasar Modal Indonesia (P3MI), dengan menjalin kerja sama dengan Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Business Universitas Indonesia (MM-FEB UI).

Dalam kerja sama tersebut meliputi pengembangan kurikulum khususnya untuk jenjang pendidikan pasca sarjana, program pencarian mitra luar negeri untuk penyelenggaraan pendidikan strata 2, penyelenggaraan perkuliahan dengan tamu dari luar negeri (International Guest Lecture), pelaksanaan berbagai pelatihan dan pemberian beasiswa, serta mempromosikan program Pendidikan Manajemen Pasar Modal kepada masyarakat.

Sebagai tindak lanjut dari kerja sama tersebut MM-FEB UI pun menjalin kerja sama dengan Melbourne Business School, Melbourne University–Victoria, Australia. Dengan dijalinnya kerja sama dengan Melbourne Business School, Melbourne University tersebut, maka MBS secara resmi telah menjadi mitra luar negeri bagi MM-FEB UI dalam menjalankan program Pendidikan Manajemen Pasar Modal.



"Kerja sama ini untuk menciptakan SDM yang berkualitas serta mengajak masyarakat khususnya di daerah untuk lebih mengenal bursa," kata dia, di Jakarta, Jumat (20/3/2015).

Frederica menerangkan, kerja sama dengan institusi pendidikan bukanlah hal yang baru. Pihaknya bercerita, sejak tahun 2009 SRO bursa berkeinginan untuk menciptakan sekolah pasar modal. Sayangnya, karena keterbatasan maka jalan yang diambil adalah dengan menjalin kerja sama dengan Fakultas Ekonomi UI. Kemudian, guna melakukan pendalaman pasar modal maka dibentuk perhimpunan pasar modal.

Lebih lanjut, pihak memberi apresiasi atas perjanjian kerja sama ini. Menurut dia, dengan perjanjian ini maka pengembangan pasar modal akan semakin mudah lantaran secara resmi kini UI menjadi mitra Melbourne University. "Hari ini program S2 pasar modal mekerja sama dengan universitas luar negeri," tandasnya. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • KSEI adalah singkatan dari Kustodian Sentral Efek Indonesia.

    KSEI

Video Terkini