Sukses

Pembangkit Energi Terbarukan Jadi Andalan Listriki Sekolah

Wilayah sulit dijangkau infrastruktur kelistrikan dapat diatasi dengan memanfaatkan energi baru terbarukan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mendorong penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk melistriki sekolah di daerah terpencil.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dasar dan Menengah,  Anies Baswedan menyatakan, ada 8,4 persen atau 17.250 sekolah belum teraliri listrik dari 208 ribu sekolah yang ada.

"Dalam catatan kami dari 208 ribu, ada 8,4 persen sekolah belum mendapatkan listrik di Indonesia. Padahal elektrifikasi nasional  84 persen," ujar Anies di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (20/3/2015).

Menteri ESDM, Sudirman Said mengungkapkan, untuk mengurai permasalahan tersebut, bisa diterapkan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) pada sekolah yang berada di wilayah terpencil. Pasalnya, wilayah tersebut sulit dijangkau infrastruktur kelistrikan.

"Ada kebutuhan dan saya rasa di daerah terpencil. Kita akan jadikan titik-titik tempat penyelenggaraan pendidikan sebagai hub untuk menumbuhkan listrik dengan basis energi baru," tutur Sudirman.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana menambahkan, sekolah tersebut tak hanya menjadi konsumen listrik yang berasal dari EBT, tetapi juga bakal menjadi teknisi perawatan pembangkit dengan mendidik siswanya.

"Sekolah yang di dalamnya tidak hanya untuk penerangan tapi menciptakan sekolah itu sebagai bengkel agar mereka mampu memelihara fasilitas EBT yang ada," pungkasnya. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.