Sukses

Harga Beras Turun, Kacang Tanah dan Gula Pasir Merangkak Naik

Harga beras untuk kualitas medium sempat menyentuh level Rp 12 ribu per kg. Padahal harga normal untuk jenis tersebut di kisaran Rp 8.500 p

Liputan6.com, Jakarta - Harga beras di pasar tradisional mulai menurun setelah sebelumnya sempat melonjak hingga 40 persen. Seiring dengan penurunan harga beras tersebut, komoditas pangan lain seperti gula pasir, kacang tanah dan sagu justru mengalami kenaikan.

Salah seorang pedagang kebutuhan pokok di Pasar Buncit, Jakarta Selatan, Yuni (48) menjelaskan, harga beras telah mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir. Namun memang, penurunan tersebut belum mencapai harga normal.

"Turunnya sedikit-sedikit, Rp 500 per kilogram (kg) tiap turun. Sekarang untuk kualitas medium sudah bisa di harga Rp 10 ribu per kg, kalau yang paling bagus Rp 14 ribu," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (23/3/2015).

Sebelumnya, harga beras untuk kualitas medium sempat menyentuh level Rp 12 ribu per kg. Padahal harga normal untuk jenis tersebut di kisaran Rp 8.500 per kg.

Berbanding terbalik dengan beras, harga gula pasir, kacang tanah dan sagu mulai mengalami kenaikan. Harga gula pasir naik dari Rp 10 ribu per kg menjadi Rp 11 ribu per kg sampai Rp 11.500 per kg.

Harga sagu dari Rp 7 ribu per kg menjadi Rp 9 ribu per kg. Sedangkan untuk kacang tanah mengalami kenaikan paling tinggi, dari Rp 18 ribu menjadi Rp 22 ribu per kg.

"Gula pasir sama kacang tanah yang bikin khawatir. Soalnya gula katanya bakal baik terus. Tadi saja saya pesan ke agen, sudah naik lagi katanya. kalau kacang tanah katanya banyak dari India (impor), mungkin pengaruh dolar," jelasnya.

Namun memang, ada juga harga komoditas pangan selain beras yang mengalami penurunan, yaitu telur. Harga telur yang sebelumnya menembus angka Rp 22 ribu per kg kini mulai turun ke Rp 19 ribu per kg. "Yang turun paling telur. Kemarin lama juga telur harganya di Rp 22 ribu, sekarang mulai turun, sudah Rp 19 ribu per kg," tandasnya.

Berikut daftar harga bahan pangan berdasarkan pantauan Liputan6.com:

  • Beras kualitas medium Rp 10 ribu per kg
  • Minyak goreng curah Rp 11ribu per kg
  • Gula pasir Rp 11 ribu per kg
  • Gula merah Rp 14 ribu per kg
  • Telur ayam Rp 19 ribu per kg
  • Tepung terigu Rp 7.500 ribu per kg
  • Sagu Rp 9 ribu per kg
  • Kacang tanah Rp 22 ribu per kg
  • Ayam potong Rp 30 ribu per kg
  • Daging sapi Rp 95 ribu per kg

(Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini