Sukses

8 Pertanyaan Paling Aneh Saat Wawancara Kerja

`Siapa yang akan menang saat bertarung, Spiderman atau Batman?`. Itu merupakan salah satu pertanyaan paling aneh saat wawancara kerja

Liputan6.com, New York - Anda sedang menjalani sesi wawancara dengan serius dan semua berjalan dengan baik. Hingga akhirnya sang pewawancara bertanya, `Siapa yang akan menang dalam sebuah pertarungan, Spiderman atau Batman?`.

Anda pasti berpikir sang pewawancara sedang bercanda. Tapi jangan salah, seluruh pertanyaan yang muncul di sela wawancara selalu memiliki maksud dan tujuan untuk menguji Anda sebagai pelamar.

Meski memang, tak peduli seberapa aneh situasi atau pertanyaan yang dihadapi saat wawancara, tarik nafas dan tunjukkan yang terbaik.

Seringkali pertanyaan tersebut dilontarkan untuk menguji seberapa cepat Anda merespons pertanyaan baru di bawah tekanan.

Berikut delapan pertanyaan paling aneh yang pernah ditanyakan di sesi wawancara seperti dihimpun situs karir global Glassdoor yang dikutip dari CNN Money, Selasa (24/3/2015):


1. Siapa yang akan menang dalam sebuah pertarungan antara Spiderman dan Batman?

Menurut Direktur Glassdoor Susan Underwood, ini bisa jadi merupakan salah satu pertanyaan untuk mengetahui bagaimana Anda menganalisa sebuah kondisi persaingan. Seperti di mana pertarungannya, atau apa saja senjata yang digunakan keduanya.

2. Apa lagu favorit Anda di tahun 90-an?

Pertanyaan ini juga beberapa kali ditanyakan di perusahaan layanan konsumen Squarespace. Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengenali kepribadian Anda.

3. Jika Anda terbangun dan mendapati 2.000 email belum terbaca dan hanya dapat menjawab 300 darinya, bagaimana Anda memilih email yang harus dibaca?

Para kandidat dari Dropbox Rotation Program mendapatkan pertanyaan ini saat wawancara. Sebagian besar pihak HRD ingin tahu, bagaimana cara Anda memprioritaskan pekerjaan di kantor.

4. Gambarkan seperti apa warna kuning dari sudut pandang orang buta

Biasanya, para calon pegawai yang ingin bergabung dengan Spirit Airlines, harus bisa menjawab pertanyaan ini. Mungkin itu lantaran kuning tampak seperti warna yang bersemangat bagi Spirit.

5. Jika Anda punya US$ 100 untuk hidup, apa yang akan Anda beli?

Saat bertanya pada para kandidat, perusahaan riset Aksia menanyakan pertanyaan tersebut. Itu ditujukan tentang bagaimana seseorang dapat mengatur kehidupannya dan melihat bagaimana dirinya menempatkan sesuatu sebagai prioritas.

6. Apa yang kamu santap saat sarapan?

Underwood masih tak tahu apa alasan dibalik pertanyaan ini. Dia mengatakan, jika Anda mengkonsumsi makanan yang sehat berarti Anda siap bekerja.

7. Apa yang akan dilakukan jika Anda satu-satunya yang selamat dalam sebuah kecelakaan pesawat?

Pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana seorang pelamar kerja mengatasi situasi yang sama sekali baru tanpa rencana apapun sebelumnya.

8. Siapa putri favorit Anda di Disney?

Jika Anda sedang melamar pekerjaan sebagai puteri kebersihan, Cinderella merupakan jawaban yang tepat. Itu lantaran Cinderella bekerja keras, menghadapi berbagai macam tantangan dan disukai banyak orang.(Sis/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini