Sukses

15 Calon Pejabat Eselon I Kementerian ESDM Diajukan ke Presiden

Lelang jabatan sebagai salah satu langkah penyegaran organisasi dengan menata birokrasi

Liputan6.com, Jakarta - Proses seleksi assesment lelang jabatan eselon I Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyisakan 15 nama peserta. Selanjutnya. nama ini akan diajukan kepada Presiden Jokow Widodo.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, lelang jabatan sebagai salah satu langkah penyegaran organisasi dengan menata birokrasi. Hal ini pun dikatakan tidak mudah.

"Hal sulit kita kerjakan disini, melakukan penyegaran top leadership, muncul pemimpin punya value lebih pas," kata dia  di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (23/3/2015).

Melalui proses lelang jabatan, penataan dilakukan dengan membentuk Panitia Seleksi yang dipimpin Sekertaris Jenderal Kementerian ESDM Teguh Pamudji, dan melibatkan para ahli sebagai anggota tim.

Mereka bekerja mencari pimpinan terbaik untuk menempati lima posisi yaitu Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas Bumi, Dirjen Mineral dan Batubara, Dirjen Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE), Dirjen Ketenaga Listrikan dan Sekertaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN).

"Proses berjalan dengan baik, tim pansel sebagian besar orang luar, ada Faisal Basri, Hikmahanto Juwana," tuturnya.

Ketua Panitia Seleksi Teguh Pamudji mengungkapkan, ada 110 peserta yang mengikuti seleksi, setelah panitia melakukan seleksi administrasi ada 31 peserta yang lulus.

Ke-31 peserta tersebut menjalani test assesment yang berlangsung pekan lalu. Hasilnya, tes tersebut menyisihkan 15 nama.

"Panitia seleksi tentunya melihat lebih jauh kompetensi kemampuan bersangkutan. Sampai Sabtu malam diperoleh 15 calon mempunyai kemampuan yang sama," tuturnya.

Ke-15 nama tersebut kemudian diajukan ke Presiden Joko Widodo oleh Menteri ESDM dan akan diputuskan Presiden, dan ditetapkan pada pekan ini.

"Pak Menteri menyampaikan 15 calon ke Presiden dengan 5 jabatan satu jabatan 3 calon, dalam minggu ini setelah resmi mengajukan calon ke Presiden kita akan mengumumkan calon tersebut," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.