Sukses

E-Filing Lampaui Target, Penerimaan Pajak Baru Rp 170 Triliun

Adapun ealisasi pengguna SPT elektronik atau e-filing yang sudah melebihi target sebanyak 2 juta pengguna.

Liputan6.com, Jakarta
Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menyatakan penerimaan pajak hingga pekan lalu baru terkumpul Rp 170 triliun. Sementara target penggunaan e-filing atau penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) tahun ini sudah melampaui target. 
 
"Sampai dengan dua hari lalu sebesar Rp 170 triliun," ungkap Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak, Sigit Priadi Pramudito kepada wartawan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (30/3/2015). 
 
Di sisi lain, dia puas dengan realisasi pengguna SPT elektronik atau e-filing yang sudah melebihi target sebanyak 2 juta pengguna. Dari catatannya, sampai hari ini sudah ada 2,1 juta pengguna e-filing atau lebih dari target 100 ribu pengguna.  
 
Terpisah Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengaku, penerimaan pajak Januari-Maret, bahkan April 2015 ini masih akan rendah karena pemerintah fokus pada pengumpulan SPT Wajib Pajak Orang Pribadi dan Badan Usaha hingga 31 April 2015.
 
"Jadi kita akan fokus pada pembinaan pajak 2015. Semua Wajib Pajak harus memperbaiki SPT selama 5 tahun terakhir. Dengan perbaikan ini diharapkan penerimaan pajak meningkat dan kepatuhan pajak naik," tegas Bambang. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini