Sukses

Jurus KPP Tanah Abang Hibur Para Wajib Pajak

KPP Pratama Tanah Abang Dua melayani laporan SPT PPh hingga pukul 20.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap usaha dengan memberikan layanan terbaik akan berkesan bagi masyarakat. Sejumlah cara unik dan menarik pun akan disuguhkan kepada konsumen. Salah satunya dilakukan oleh pegawai di kantor pelayanan pajak (KPP) Pratama Tanah Abang Dua, Jakarta Pusat.

Suguhan live music menemani kesibukan Wajib Pajak dan Petugas Pajak saat penyerahan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Wajib Pajak Orang Pribadi Tahun 2014 yang hari ini merupakan batas akhir penyampaian.

Dari pantauan Liputan6.com, Jakarta, Selasa (31/3/2015) , saat keluar dari lift Aula Lantai 6 KPP Pratama Tanah Abang Dua, langkah Wajib Pajak akan disambut dengan alunan merdu lagu-lagu daerah dari dalam ruangan.

Jika dipikir itu sebuah radio dan kaset salah. Ada lima orang pria yang tergabung dalam sebuah grup musik tanpa canggung membawakan lagu-lagu daerah.

Suaranya menggema seisi ruangan, memecah keramaian dari ribuan Wajib Pajak yang ada di Aula tersebut. Ada Wajib Pajak yang tertidur, duduk lesehan di lantai dan menikmati setiap lagu, namun ada juga Wajib Pajak yang tidak menghiraukan, mereka tetap sibuk untuk merampungkan pelaporan SPT PPh masing-masing.

Kepala KPP Pratama Tanah Abang Dua, Budi Hernowo mengaku, ini bagian dari kreativitas KPP Tanah Abang Dua dalam memberikan pelayanan terbaik untuk Wajib Pajak.

"Ini hiburan buat masyarakat (Wajib Pajak) yang datang ke KPP kami biar tidak stres. Lihat saja ada yang tidur-tiduran dan paling enak mendengarkan musik," kata dia tersenyum saat berbincang dengan Liputan6.com.

Di lantai bawah kantor pelayanan untuk Wajib Pajak‎ Jakarta Pusat, lanjut Budi, KPP Tanah Abang Dua menyediakan aneka minuman seperti kopi dan teh secara gratis bagi Wajib Pajak. "Gratis kalau mau minum teh atau kopi di lantai bawah buat Wajib Pajak," ucapnya.

Budi menambahkan, KPP Pratama Tanah Abang Dua memperpanjang jam pelayanan dari 08.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB di hari terakhir penyampaian SPT Wajib Pajak Orang Pribadi Tahun 2014. Sebelumnya, KPP ini juga membuka pelayanan pada akhir pekan lalu.

"Kami akan layani Wajib Pajak yang masih datang ke KPP Tanah Abang Dua, mengingat hari terakhir lebih padat sehingga ada arahan untuk memperpanjang jam layanan sampai 8.00 malam," jelas Budi.

Di sisi lain, Budi mengaku, penggunaan SPT elektronik atau e-filing‎ sudah semakin besar jumlahnya. KPP Pratama Tanah Abang Dua, Ia mengatakan, sudah meraup 1.700 pengguna e-filing tahun ini.

"Masih tinggal 50 Wajib Pajak lagi ‎untuk target pengguna e-filing di KPP kami. Jadi total target 1.750 pengguna. Kami optimistis bakal mencapai target di hari-hari terakhir ini, bahkan bisa menembus angka 2.000 pengguna e-filing," harapnya.  (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini