Sukses

BEI Suspensi Saham Bank Pundi & MNC Kapital

Penghentian sementara perdagangan saham PT Bank Pundi Tbk dan PT MNC Kapital Tbk dilakukan untuk ciptakan pasar wajar dan efisien.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan (suspensi) saham PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan PT Bank Pundi Tbk (BEKS) mulai perdagangan sesi pertama Kamis (2/4/2015).

Kepala Divisi Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna dan Kepala Divisi Operasional Perdagangan BEI Eko Siswanto menyampaikan hal itu dalam keterbukaan informasi BEI, Kamis pekan ini.

Suspensi itu dilakukan setelah ada kabar grup MNC melalui anak usahanya PT MNC Kapital Tbk (BCAP) berminat terhadap saham bank Pundi. Hingga kini belum ada keterbukaan informasi mengenai pemberitaan itu secara resmi kepada publik.

"Dalam rangka menjaga pasar yang teratur, wajar dan efisien, bursa memutuskan untuk melakukan penghentian sementara perdagangan efek PT Bank Pundi Tbk dan PT MNC Kapital Tbk," kata Nyoman.

Bursa pun meminta kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan.

Selain itu, dikabarkan aksi korporasi  juga telah disampaikan ke Otoritas Jasa  Keuangan (OJK). Saat dikonfirmasi mengenai aksi korporasi tersebut, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nelson Tampubolon menuturkan, pihaknya belum dapat menyampaikan secara detil mengenai hal itu.

"Kelihatannya sudah ada komunikasi dengan pengawas bank di tingkat departemen. Mengenai formalitasnya, saya harus cek dulu apakah sudah ada surat resmi atau belum," kata Nelson saat dihubungi Liputan6.com.

Pada penutupan perdagangan saham kemarin, saham PT Bank Pundi Tbk turun 4,41 persen menjadi Rp 65 per saham. Sementara itu, saham PT MNC Kapital Tbk naik 0,57 persen ke level Rp 1.755 per saham.

Dengan kabar masuknya grup MNC ke PT Bank Pundi Tbk maka ada perubahan kepemilikan saham. Berdasarkan data BEI, kepemilikan saham PT Bank Pundi Tbk antara lain PT Recapital Securities sebesar 67,85 persen, IF Services Netherland BV sebesar 13,34 persen, Pershing LLC sebesar 10,71 persen, dan masyarakat kurang dari lima persen sekitar 8,11 persen.  (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini