Sukses

Perkuat Pangan, Transmigrasi Harus Buka Sentra Industri Baru

Program transmigrasi diharapkan mampu memunculkan sentra industri baru untuk meningkatkan hasil pertanian.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakan, program transmigrasi yang sekarang sedang diprioritaskan pemerintah untuk mengurangi urbanisasi, juga bisa menjadi andalan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Selain itu, dapat juga terbentuk kota-kota baru di daerah.

"Yang juga tidak kalah pentingnya, transmigrasi diharapkan mampu memunculkan sentra-sentra industri baru untuk meningkatkan hasil pertanian. Sehingga menjadi penompang atau peningkatan ekonomi masyarakat desa," ujar Marwan kepada wartawan sebelum memberikan sambutan pada Rakornas dan Kongres HKTI, di Balai Kartini, Rabu (8/4/2015).

Hadir dalam acara tersebut, selain Menteri Marwan, juga ada Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan, Oesman Sapta Odang sebagai Wakil Ketua MPR.

"Kalau bang Fery sebagai menteri agraria diberi tugas untuk menyiapkan 9 juta hektar tanah, kita diberi tugas untuk menyiapkan 4 Juta Transmigran," kata Marwan.

Marwan mengatakan, program transmigrasi selama ini telah banyak mendorong program ketahanan pangan nasional.  "Karena banyak para transmigran, yang bekerja di sektor pertanian, perkebunan dan perikanan," kata Marwan.

Selain penyediaan lahan dan menyiapkan transmigran yang mempunyai keahlian di sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan, pemerintah juga akan menyediakan subsidi pupuk dan benih kepada petani.

"Skema hitung-hitungannya sudah ada semua, tinggal bagaimana kita mendongkrak dan mendorong para petani kita untuk meningkatkan produktifitasnya," ujar Marwan.

Dengan adanya pupuk dan benih yang disubsidi, Marwan mengingatkan agar jangan sampai lahan pertanian menjadi berkurang, dan mengurangi produktivitas pertanian. "Jangan sampai lahan berkurang, dan produktivitas petani menurun," tutur Marwan.

Dengan mengcover ketiga hal tersebut, Marwan yakin program transmigrasi bisa mendorong ketahanan pangan nasional sekaligus menciptakan poros maritim yang selama ini dicita-citakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Tanti/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini