Sukses

Orang Kaya Ternyata Lebih Panjang Umur

Bukan hanya harta dan gaya hidup yang membedakan kalangan kaya dan si miskin. Lantas apa lagi faktor yang membedakannya?

Liputan6.com, New York - Bukan hanya harta dan gaya hidup yang membedakan kalangan kaya dan si miskin. Ternyata orang kaya dapat berumur panjang.

Berdasarkan studi yang digelar Urban Institute seperti dikutip dari Huffington Post, Selasa (14/4/2015), semakin banyak uang yang Anda miliki maka semakin sehat dan semakin panjang umur hidup Anda. Laporan tersebut merangkum berbagai data dari Centers for Disease Control (CDC).

Studi tersebut membagi penduduk Amerika Serikat ke dalam lima kelompok berdasarkan pendapatannya. Hasilnya, kelompok dengan pendapatan lebih tinggi cenderung lebih sehat dan kelompok dengan pendapatan rendah cenderung lebih sering sakit dibandingkan kategori di atasnya.

Hasil studi tersebut benar-benar konsisten terjadi. Sebelumnya studi Bloomberg menunjukkan bahwa risiko di hampir setiap kategori penyakit, dari sakit jantung hingga ginjal dan stroke bisa sedikit tertekan saat pendapatan naik.

Fenomena tersebut benar terjadi seperti yang ditemukan CDC dalam data usia hidup seseorang berdasarkan tingkat pendapatannya.

Terdapat sejumlah alasan mengapa tambahan harta dan pendapatan dapat meningkatkan kesehatan dan usia hidup. Layanan kesehatan yang baik merupakan salah satu alasan yang paling jelas.

Orang-orang yang lebih kaya juga cenderung mendapatkan keuntungan dari kondisi hidup yang lebih baik. Sementara kalangan penduduk miskin cenderung mudah stres, khawatir, sedih dan mudah marah dibandingkan orang kaya.

Semua itu tertera pada hasil analisa Brooking Institure. Bahkan di Amerika Serikat, tingkat kemiskinan menguras uang kesehatan yang sangat tinggi. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.