Sukses

3 Bulan Lagi, Pertamina Operasikan 7 SPBG Bergerak

PT Pertagas Niaga akan mengoperasikan tujuh Stasiun Bahan Bakar Gas (SPBG) portabel atau Mobile Refueling Unit (MRU) pada Juli 2015.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertagas Niaga, anak usaha PT Pertamina Gas (Pertagas), akan mengoperasikan tujuh Stasiun Bahan Bakar Gas (SPBG) portabel atau Mobile Refueling Unit (MRU) pada Juli 2015.

General Manager City Gas and CNG Pertagas Niaga Arief Wardono mengatakan, MRU tersebut akan disebar pada beberapa wilayah di Jakarta, saat ini sedang dalam proses perizinan pengoperasian.

"MRU kita sedang urus izin pengoperasiannya ada tujuh lokasi kita bidik. Ada kerjasama SPBU dengan beberapa pelanggan di Jakarta. Yang sudah pasti
SPBU COCO Yos Sudarso dan Sunter," kata Arief di Jakarta, Senin (27/8/2015).

Arief mengungkapkan, MRU ditargetkan bisa beroperasi dalam tiga bulan ke depan. Dana untuk membangun MRU berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"MRU dikasih pemerintah, kami hanya mengoperasikan. Target tiga bulan ke depan harus jalan semua," tuturnya.

Menurutnya, kehadiran MRU dapat membantu mengurangi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) pada kendaraan, melalui program konversi BBM ke gas. Setiap MRU ditargetkan dapat mengalirkan gas 6.000 liter setara premium (Lsp) per harinya.

"Jadi kalau ada tujuh MRU setara 42 ribu Lsp per hari," jelasnya.

Dalam mengoperasikan MRU, lanjut dia, cucu Pertamina tersebut mengincar kendaraan yang sudah menggunakan BBG, tidak membagikan alat pengubah konsumsi bahan bakar pada kendaraan (konverter kit) untuk mendorong program konversi BBM ke BBG. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • SPBG

Video Terkini