Sukses

BUMN Garap Proyek Infrastruktur Rp 300 triliun di 2015

BUMN akan memulai pembangunan infrastruktur senilai Rp 300 triliun di tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengungkapkan perusahaan pelat merah akan memulai pembangunan infrastruktur senilai Rp 300 triliun di tahun ini.

Hal itu merupakan bentuk realisasi beberapa Penyertaan Modal Negara (PMN) yang sudah dikucurkan pemerintah ke beberapa BUMN dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015.

"Jadi memang banyak sekali aktivitas pembangunan yang tahun ini proyeknya akan dimulai dengan total nilai proyeknya Rp 300 triliun," kata Rini di Kementerian Keuangan, Selasa (28/4/2015).

Ditambahkan Rini, beberapa proyek yang akan menjadi yang terbesar diantaranya pembangunan pelabuhan di Makassar, jalan tol Bakaheuni-Terbanggi Besar dan tol Palembang-Indralaya.

(Foto: Bima Firmansyah/Liputan6)

Dalam kuartal I 2015, Rini menjelaskan telah dimulai beberapa proyek yang diantara pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung dan jalan Tol Medan-Binjay dengan total proyek keduanya mencapai Rp 10 triliun.

‎"Nanti pada kuartal II yaitu pada Mei, Juni harapannya kita mulai proyek total Rp 100 triliun," tegasnya.

Adapun proyek-proyek yang akan dimulai dalam pertengahan tahun ini diantaranya PLTU Mulut Tambang, kabel bawah laut Sumatra-Jawa, transmisi listrik trans sumatra, jalan tol Bakaheuni-Tembanggi Besar dan Pelmbang-Indralaya.

Dia diharapkan dengan maksimalnya pengerjaan proyek tersebut akan mendorong penyerapan anggaran pemerintah yang ditargetkan hingga akhir tahun hingga 9-9,5 persen. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.