Sukses

Ini Alasan Menteri Susi Minta Anggaran Rp 30 Triliun

Kementerian Kelautan dan Perikanan berencana mengurangi infrastruktur dan mengalihkannya untuk peningkatan produktivitas nelayan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti mengajukan anggaran sebesar Rp 30 triliun untuk kementeriannya pada 2016. Anggaran tersebut jauh dari anggaran yang diterima Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebesar Rp 10,5 triliun.

"Itu usulan tahun depan. Kalau usul boleh," kata dia, di kantornya, Jakarta, Kamis (30/4/2015).

Dia mengungkapkan, keinginan tersebut diutarakannya saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas (ratas). Susi mengatakan, keinginan tersebut lumrah lantaran pemerintah ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Dalam rapat terbatas, sesuai hasil kerja saya meminta pemerintah RI anggaran baru Rp 30 triliun itu mudah-mudahan bisa dipenuhi. Sempat ngobrol tidak bisa ditawar, Bapak Presiden ngomong prioritas, harus diprioritaskan," kata dia.

Dengan dana tersebut KKP akan mengubah porsi anggaran dari sebelumnya banyak di infrastruktur, dialokasikan ke para pelaku kelautan dan perikanan.

"Untuk nelayan, pembudidaya, kita ubah porsinya lebih besar stakeholder. Kita kurangi infrastruktur karena infrastruktur pelabuhan sudah ada yang kerjakan. Berdasarkan arah pemerintah kita urusi kelautan dan perikanan," kata Susi Pudjiastuti.

Dia mencontohkan, alokasi itu untuk penambahan kapal juga dan penguatan budidaya rumput laut. "KKP sudah tidak ke pelabuhan, bikin perahu, kapal, budidaya rumput laut. Kontraktor bukan stakeholder KKP," tandas dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.