Sukses

Jadi Bos Baru Pegadaian, Riswinandi Masih Bingung Tentukan Target

Sektor ritel jadi sasaran menjadi tantangan buat Riswinandi sebagai bos baru di PT Pegadaian.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Riswinandi masih bingung menentukan target Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu dalam jangka pendek dan jangka panjang lima tahun lantaran masih menjabat belum sepekan.

Mantan Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk itu perlu waktu beradaptasi karena segmen perusahaan yang kini dinahkodainya berbeda dengan sebelumnya.

Riswinandi saat berbincang dengan wartawan di Peringatan HUT Pegadaian ke-114 tahun di Gelora Bung Karno, Senayan mengatakan, baru melakukan serah terima jabatan dengan pendahulunya Suwhono pada Kamis 30 April 2015 di Kantor Kementerian BUMN.

"Rencana jangka pendek dan jangka panjang belum bisa dijawab karena perlu diskusi dengan direksi lain. Nanti kita sama-sama akan disusun, dilihat, mana yang perlu diperbaiki, dan mana yang perlu dipertahankan," ucap dia, Minggu (3/5/2015).
‎

Terkait penanganan target pasar yang berbeda antara Bank Mandiri yang menyasar pelanggan korporasi dan Pegadaian kalangan menengah ke bawah, Riswinandi menyebut ini sebagai tantangan.

"Saya rasa jadi satu hal menarik karena saya belum pernah di sektor ritel, jadi menuntut saya cepat beradaptasi," kata Riswinandi.

Dia menjelaskan, direksi maupun komisaris tetap akan mempertahankan misi Pegadaian yang membantu ekonomi masyarakat kelas menengah ke bawah. Inovasi produk tetap akan dihadirkan, seperti kredit kepemilikan lapak bagi pedagang pasar.

Seperti diberitakan sebelumnya, acara serah terima jabatan antara Dirut lama Suwhono dengan Dirut baru Pegadaian Riswinandi telah terlaksana pada akhir April 2015 di ruang rapat Kementerian BUMN. Dipimpin oleh Asisten Deputi Pembiayaan dan Jasa Lain Silvester Budi Agung serta disaksikan Dewan Komisaris dan Direksi Pegadaian. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.