Sukses

Pemerintah Yakin Target Pertumbuhan Ekonomi Tercapai

Saat ini Indonesia masih bergantung pada China yang pertumbuhan ekonominya melambat 7 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah masih tetap optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan sesuai target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015 yang ada di kisaran 5,4 persen hingga 5,7 persen meskipun realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2015 tidak begitu memuaskan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil menyatakan, realisasi pertumbuhan ekonomi di kuartal I 2015 yang ada di level   4,71 persen (year on year) tersebut tidak membuat pemerintah menurunkan target.

"Pertumbuhan ekonomi memang masih rendah, tetapi belum akan kami ubah. Ada range 5,4 sampai 5,7 persen. Jadi saya pikir biasa kuartal pertama rendah," kata dia Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Pemerintah mengaku cukup yakin bahwa target tersebut bisa tercapai lantaran akan membaiknya angka ekspor tambang. "Sektor tambang negatif kenapa? Karena melemahnya harga komoditas, pelarangan ekspor bahan baku. Kami larang memang sulit, tapi masa datang smelter jadi menciptakan nilai tambah," ujarnya.

Memang, saat ini Indonesia masih bergantung pada China yang pertumbuhan ekonominya melambat 7 persen. Menurut Sofyan, pemerintah akan melakukan perluasan pasar selain China.

"Melemahnya permintaan di semua wilayah yang tujuan ekspor tradisonal, China 7 persen dan Eropa, yang kami lakukan tetap dorong ekspor harus mendiversifikasi pasar non tradisional," ujarnya.

Tak sekadar itu, hal itu juga didorong oleh realisasi belanja modal. Dia bilang, saat ini pemerintah memiliki waktu yang lebih longgar ketimbang pemerintahan sebelumnya.

"Pengalaman birokrasi kita, dulu setiap tahun APBNP, disahkan September sampai Oktober. Tiga bulan bisa realisasi, kita masih ada Mei sampai Desember, ada 8 bulan," tukas dia.

Badan Pusat Statisitik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2015 mencapai 4,71 persen secara tahunan (year on year/yoy), atau turun dibandingkan kuartal I 2014 sebesar 5,21 persen.

Kepala BPS Suryamin mengatakan besaran pertumbuhan ekonomi ini dipengaruhi melemahnya perekonomian di China. "Yang menentukan pertumbuhan ekonomi karena ekonomi China menurun dari 7,4 persen menjadi 7 persen," kata dia di kantornya, Selasa (5/5/2015).

Penyebab lainnya pelemahan harga minyak mentah dunia. Kemudian penurunan nilai ekspor dan impor di kuartal I dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. (Amd/Gdn)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini