Sukses

Kreatif! Pria Ini Sulap Kotak Susu Jadi Surat Lamaran Kerja

Adalah Miguel Rato, seorang pelamar kerja jenius yang akhirnya menemukan gagasan unik untuk mendapatkan pekerjaan impiannya.

Liputan6.com, London - Persaingan mencari kerja di era modern ini menjadi semakin ketat dan sulit. Tanpa kreativitas dan gagasan-gagasan unik, akan banyak pelamar kerja yang tersingkir bahkan tak mendapat kesempatan wawancara sama sekali.

Adalah Miguel Rato, seorang pelamar kerja jenius yang akhirnya menemukan gagasan unik untuk mendapatkan pekerjaan impian. Dia menulis resume termasuk berbagai keahliannya dalam bentuk yang sangat kreatif.

Dia menciptakan kemasan susu untuk mendapatkan pekerjaan di sebuah agensi periklanan di London, Inggris. Menurutnya, dia harus melakukan hal baru yang tak pernah dilakukan siapapun sebelumnya demi mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan idamannya.

Seperti apa kotak susu yang menjadi surat lamaran dan resume Rato?. Berikut ulasan singkatnya seperti dilansir dari Business Insider, Daily Mail, The Guardian dan sejumlah sumber lain, Selasa (19/5/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ingin bekerja di perusahaan iklan

Ingin bekerja di perusahaan iklan

Rato menciptakan resume keahlian kerjanya pada kotak susu khusus demi mendapatkan pekerjaan di perusahaan iklan, London, Wieden + Kennedy. Menurutnya, mendapatkan kesempatan wawancara merupakan hal yang sangat sulit.

Setiap hari, perusahaan impiannya itu memerima ratusan surat lamaran kerja dari para kandidat berbakat. Itulah yang menjadi motivasinya untuk menciptakan sesuatu yang berbeda demi mendapatkan pekerjaan impian.

Dia khawatir, surat lamaran yang biasa membuat para atasan perusahaan bosan. Meski begitu, dia masih penasaran, apakah surat lamaran biasa masih bisa membuatnya diterima bekerja.

3 dari 4 halaman

Buat surat lamaran unik

Buat surat lamaran unik

Saat membuat surat lamaran kerja dalam bentuk kotak susu itu, Rato tengah menyelesaikan tahun terakhirnya di University of Creative Arts, London, Inggris. Terbilang sangat kreatif, Rato mengatakan, resumenya masih memiliki elemen tradisional.

Isi resume sebenarnya ditulis dalam kertas coklat di dalam kotak susu. Di sana dia menuliskan pengalaman, pendidikan dan kemampuan kerja yang lebih detil.

Resume unik itu membuka banyak peluang kerja untuk Rato. Meski begitu, surat lamaran kreatif yang dibuat Rato tak langsung menerima tanggapan dari perusahaan impiannya.

4 dari 4 halaman

Mimpi kerja di Google

Mimpi kerja di Google

Resume unik itu membuka banyak peluang kerja bagi Rato. Dia menerima beberapa tawaran menjadi pegawai tetap dan pekerjaan paruh waktu.

Tapi dia belum bisa memutuskan menjadi pegawai tetap di perusahaan manapun mengingat dirinya masih harus menyelesaikan studi saat itu. Rato mengaku akan secara konsisten membuat surat lamaran unik yang menarik perhatian atasan perusahaan.

Pria asal Inggris ini bermimpi untuk pindah ke Amerika Serikat demi mendapatkan pekerjaan di Google, Apple, atau Digital Kitchen.

Dia berharap kreativitasnya dapat membuat dia diundang wawancara di salah satu perusahaan teknologi raksasa tersebut.(Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.