Sukses


Pemerintah Tangerang Dorong Pembangunan Hunian Vertikal

Pengelola kawasan industri Millenium di Tangerang telah menyatakan kesiapan membangun rusunawa.

Liputan6.com, Jakarta - Kabupaten Tangerang menjadi salah satu lokasi pencanangan program sejuta rumah. Namun kendala keterbatasan lahan untuk perumahan menengah bawah sehingga pemerintah setempat lebih mendorong pengembang membangun hunian vertikal baik rumah susun sederhana sewa (rusunawa) maupun rumah susun sederhana milik (rusunami).

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengaku, masalah untuk pemukiman menengah bawah di daerah tersebut dalam 5 tahun hingga 6 tahun ke depan adalah mengenai lahan yang semakin terbatas, karena Kabupaten Tangerang juga diwajibkan untuk tetap dapat mempertahankan lahan-lahan pertanian untuk ketahanan pangan.

"Makanya ke depan kami dorong untuk hunian vertikal. Kemudahan perizinan akan kami prioritaskan untuk rusun," kata Ahmed Zaki yang dihubungi Liputan6.com, Rabu (17/06/2015).

Dia menambahkan, sebagai daerah yang berdekatan dengan Ibukota Jakarta, kebutuhan rumah di Tangerang cukup besar karena sebagai daerah industri dan banyak pencari kerja, pertumbuhan penduduk diakui sangat pesat.

Dengan pertumbuhan populasi yang tinggi itu, ungkap Ahmed Zaki, kebutuhan hunian akan terus meningkat. Setiap tahun pertumbuhan penduduk di Kabupaten Tangerang dari urbanisasi saja diklaim mencapai 4,3 persen dari total populasi saat ini sebanyak 3,3 juta jiwa.

"Itu penambahan penduduk dari urbanisasi saja, belum termasuk dari kelahiran," papar dia.

Salah satu program pembangunan hunian yang akan digalakkan di Kabupaten Tangerang adalah rusunawa pekerja. Ahmed Zaki menyebutkan sekarang banyak industri yang memiliki lahan kosong di dalam kawasan.

Pemerintah kabupaten akan menghimbau pengusaha atau pengelola kawasan untuk bangun rusunawa pekerja untuk buruh mereka, sehingga biaya hidup buruh dapat ditekan terutama dari sisi biaya transportasi. Angka kecelakaan di jalan juga berkurang.

"Sistem mungkin sewa, rusunawa. Kalau di luar kawasan bisa rusunami dengan cara potong gaji," kata Ahmed Zaki.

Dia mengaku pengelola kawasan industri Millenium di Tangerang telah menyatakan kesiapan membangun rusunawa buat pekerja, namun mereka bertanya apakah pemerintah pusat bersedia untuk membangun konstruksinya. Setidaknya, kata Ahmed Zaki, ada stimulan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) untuk merealisasikan rencana pembangunan rusun pekerja tersebut.

"Jadi lahan dari pengembang, konstruksi pusat dan pengelolaan bisa diserahkan ke pemerintah daerah. Kami mendorong pemerintah pusat untuk mendukung rencana pembangunan rusun pekerja di Tangerang ini," tandas Ahmed Zaki.

Reporter: Muhammad Rinaldi

(Rinaldi/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini