Sukses

Ini Trik Bikin CV Keren Biar Cepat Dapat Kerja

CV menjadi salah satu tempat bagi Anda untuk mempromosikan diri di depan perusahaan yang Anda lamar.

Liputan6.com, Jakarta - Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. Di beberapa negara, suatu CV biasanya merupakan hal utama yang dilihat perusahaan untuk mencari pencari kerja potensial dan sering digunakan untuk menyaring aplikan (orang-orang yang melamar kerja secara daring) ketika mencari pekerjaan, biasanya dilanjutkan dengan wawancara.

CV menjadi salah satu tempat bagi Anda untuk mempromosikan diri di depan perusahaan yang akan Anda lamar. Di sanalah tempat Anda untuk menyampaikan apa yang Anda miliki dan berbeda dari yang lainnya. Namun, beberapa orang banyak yang tak sadar telah mempromosikan diri terlalu berlebihan pada CV mereka.

Pada bagian-bagian tertentu banyak orang salah menulis bagian-bagian didalam CV, mungkin Anda adalah salah satunya. Ini dia beberapa hal yang harus dihindari saat menulis CV:

1. Tulis pengalaman kerja secukupnya

Walaupun Anda memiliki pengalaman kerja yang sangat banyak, namun jika memang hal tersebut tidak penting untuk diletakan pada CV Anda maka jangan dilakukan. Karena jika terlalu banyak, maka pertanyaan besar akan muncul perusahaan, mengapa Anda sering berganti pekerjaan.

2. Gunakan email personal

Gunakanlah email pribadi, jangan menggunakan email dengan nama yang berbeda dengan nama Anda. Jika Anda memiliki  alamat email yang berbeda namanya dengan nama Anda, segeralah buat alamt email baru.

3. Gaji

Jangan pernah cantumkan gaji yang pernah Anda dapat selama Anda bekerja di perusahaan lain karena itu akan membuat perusahaan akan berpikir bahwa gaji yang ingin Anda miliki sebesar yang tercantum pada CV

4. Penulisan kata-kata

Penulisan kata-kata dalam CV juga dinilai oleh semua perusahaan, di sana tulisan perkataan Anda akan dinilai. Belajarlah membuat perkataan yang benar dalam membuat sebuah CV

Beberapa hal tadi adalah yang harus dihindari saat membuat sebuah CV. Lalu bagaimanakah dengan hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat CV?

Berikut ini adalah beberapa hal yang penting saat membuat CV:

a. Data pribadi lengkap dan benar

Cek kembali hal-hal yang perlu dikirim dalam CV. Jangan sampai salah, karena jika salah Anda akan kerja dua kali dan boros waktu.

b. Informasi yang relevan

Saat menuliskan , ingatlah semua yang Aresumenda tulis merupakan benar-benar daftar riwayat Anda dan jangan mengada-ngada atau berbohong.

c. Fokus pada prestasi

Tuliskanlah beberapa prestasi yang pernah Anda dapat, ketimbang menuliskan tanggung jawab pekerjaan. penjelasan dengan paragraf panjang membuat pemimpin perusahaan tidak tertarik membacanya.

d. Ingat, gaya bahasa yang tepat

Penggunaan kata, huruf besar, jeda dan lain-lain sangat berpengaruh saat penulisan CV, perhatikan lagi ketika ingin mengirim CV tersebut.

e. Baca kembali resume

Baca kembali resume Anda sebelum dikirimkan , sehingga Anda mengetahui kesalahan yang mungkin Anda buat.

CV sangatlah penting untuk menunjang karir Anda. Nama Anda dipertaruhkan di dalam CV jadi buatlah CV dengan benar sehingga pemimpin langsung menerima Anda didalam perusahaanya.

Simak juga beberapa tips bermanfaat lainnya yang akan membuat jalan karir Anda menjadi cerah, simak di Laruno.com.

Artikel dari Laruno.com

(Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.