Sukses

Pelindo II Siapkan Terminal Kontainer Kelas Dunia

PT Pelindo II mengaku akan segera meluncurkan New Priok Port Container Terminal I di tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelindo II (persero) selaku operator pelabuhan terbesar di Indonesia akan segera meluncurkan New Priok Port Container Terminal I di 2015 ini. Langkah tersebut sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pelayanan bongkar muat di pelabuhan.

"Terminal akan mulai dioperasikan akhir tahun ini. Awal Juni seluruh peralatan dan perlengkapan terminal sudah datang dan sedang dibongkar. Nanti ada uji coba selama satu hingga dua bulan," terang Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Saptono R. Irianto saat temu media di rumah dinas Menteri BUMN,  Jakarta, Sabtu (20/6/2015).

Dia mengharapkan, Oktober atau November, terminal tersebut sudah dapat digunakan untuk bongkar muat. Meski memang, secara operasional baru akan terselesaikan pada kuartal pertama 2016.

New Priok Port Container Terminal I merupakan terminal kontainer kelas dunia yang bekerjasama dengan pengelola pelabuhan bertaraf internasional Mitsui Co.Ltd.

Terminal kontainer ini dilengkapi dengan kapasitas di atas 18 ribu TEUs, hampir 4 kali lipat dari kapasitas pelabuhan Tanjung Priok saat ini (di bawah 5.000 TEUs).

"Ini terbaik di Asia untuk kategori kapasitas, bahkan mendekati pelabuhan internasional Hong Kong, pelabuhan terbesar ketiga di dunia," ungkap Saptono.

Dia mengatakan, itu berarti Pelindo II sudah memberikan pelayanan bertaraf internasional. Selain mengembangkan Pelabuhan Tanjung Priok, pihaknya fokus membangun pelabuhan lain guna mewujudkan program pemerintah di bidang kemaritiman.(Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.