Sukses

Pemerintah Dorong Cari Investor untuk Proyek Jalan Tol

Pemerintah provinsi Sulawesi Utara telah melakukan pembebasan lahan untuk proyek pembangunan jalan tol Bitung-Manado hingga KM 7.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah pusat meminta percepatan pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda dan Bitung-Manado. Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil meminta agar kedua proyek tersebut segera mencari investor.

"Tol Balikpapan-Samarinda, tanahnya sudah bebas 86 persen. Kemudian Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) langsung bisa melakukan tender untuk mendapatkan investor karena ini kerja sama swasta dengan ini," kata Sofyan, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Sofyan juga meminta proyek pembangunan jalan tol Bitung-Manado juga sudah mulai mencari investor. Ia menuturkan, pembebasan lahan masih dilakukan di proyek tersebut, tapi tidak masalah bila sembari mencari investor.

"Diharapkan Bitung juga bisa langsung ditender mencari investor karena proses untuk investor mempersiapkan diri akan perlu waktu sampai sekitar satu tahun sambil bebaskan lahan," ujar dia.

Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang mengatakan pihaknya telah melakukan pembebasan lahan untuk proyek pembangunan jalan tol Bitung-Manado hingga KM 7. Proses pembebasan lahan diharapkan ‎selesai Agustus mendatang.

Terkait pembebasan lahan, pemerintah pusat telah menyiapkan sejumlah dana yang terdiri dari APBN dan Badan Layanan Umum (BLU) yang mencapai Rp 12 triliun.

Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan jalan tol 1.000 kilo meter (KM) hingga 2019. Pembangunan jalan bebas hambatan itu akan membentang di setiap koridor ekonomi.

Pertama, di koridor ekonomi Sumatera, jalan tol yang akan digarap konstruksinya membentang rute Medan Kualanamu-Tebing Tinggi, Palembang-Indralaya. Totalnya sepanjang 346 KM.

Pembangunan jalan tol di Jawa meliputi jalur Cikampek-Palimanan.  Selanjutnya rute tol Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Mantingan-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto-Surabaya, Surabaya-Gempol-Pasuruan dan Pasuruan-Probolinggo.

Di samping itu, jalur tol lainnya akses Tanjung Priok, Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, Cimanggis-Cibitung, Cibitung-Tanjung Priok, Depok-Antasari, Bogor Ring Road Seksi 2B, Sunter-Batu Ceper, Sunter-Pulo Gebang-Tembeleng, Serpong-Balaraja.

Sedangkan di Kalimantan dibangun jalan bebas hambatan sepanjang 99 km dari Balikpapan-Samarinda. Jalan tol di koridor Sulawesi, yakni Manado-Bitung sepanjang 39 KM. (Silvanus Alvin/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini