Sukses

Tips PLN Agar Listrik di Rumah Aman Saat Mudik

Matikan aliran listrik yang dianggap tidak perlu dan mencabut semua peralatan listrik yang tidak dipakai.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) memberi saran ke masyarakat yang hendak meninggalkan rumahnya untuk melakukan mudik lebaran.

"PLN Disjaya menyampaikan imbauan agar sebelum dan sesudah mudik pelanggan tetap dapat merasakan manfaat listrik dalam kehidupannya," kata General Manager PLN Dijaya Syamsul Huda, di Kantor PLN Disjaya, Jakarta, Selasa (14/7/2015).

Ia menyebutkan imbauan tersebut diantaranya adalah bayar rekening listrik sebelum tanggal 20 agar terhindar dari sanksi denda ataupun pemutusan sambungan listrik.

Matikan aliran listrik yang dianggap tidak perlu dan mencabut semua peralatan listrik yang tidak dipakai dari stop kontaknya untuk menghindari bahaya kebakaran akibat listrik dan tagihan listrik yang membengkak.

Cabut aliran listriknya jangan hanya sekedar mematikan tombol off. Jika memutuskan untuk membiarkan lampu depan atau tampu lain tetap menyala, pastikan kondisi tampu depan datam keadaan balk atau lebih baik tagi, apabila memasang lampu dengan sensor cahaya yang hanya menyala jika malam menjelang

Cek token listrik pintar (prabayar) di rumah Anda, apakah sudah cukup ditinggalkan selama mudik, jika belum segera mengisinya di tempat-tempat pembetian token terdekat. Pastikan sebelum meninggalkan rumah, seluruh pintu, jendela sudah dalam keadaan terkunci.

" Jangan lupa pamit dengan tetangga untuk silaturahmi dulu sekedar titip rumah," tutur dia. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.