Sukses

Wapres JK Yakin Pertalite Mampu Geser Premium

‎Wapres Jusuf Kalla melihat keberadaan BBM jenis Pertalite dapat menggeser BBM jenis Premium.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla melihat keberadaan bahan bakar minyak (BBM) jenis [Pertalite](2278586 "") dapat menggeser BBM jenis Premium. Pertalite memiliki berkadar oktan 90 dan dijual Rp 8.400 per liter.

"Iya pasti (digantikan). Masyarakat biasa beli Pertalite maka tak akan beli Premium, kan tak mungkin beli dua-duanya," kata Pria yang akrab disapa JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat  (24/7/2015).

Pertamina hari ini meluncurkan Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta. Pertalite akan disebar di 101 SPBU yang tersebar di Indonesia.

Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil juga memprediksi Premium akan terhapus dalam beberapa tahun ke depan dengan keberadaan Pertalite.

"‎Ya berangsur-angsur RON 88 akan dihapus karena itu tidak bagus bagi lingkungan, bagi mobil. kalau bisa standarnya makin hari makin ditingkatkan. Tapi karena kilang kita belum siap, maka terpaksa Ron 88 masih tetap dipertahankan," jelas dia.

Sofyan juga menuturkan Pertalite tidak akan mengancam keberadaan Pertamax. Ia menjelaskan Pertamina sudah memiliki perhitungan tersendiri.

Bahkan, laporan yang diterima, konsumsi Pertamax meningkat saat lebaran karena masyarakat mulai sadar dengan kualitas BBM tersebut.

"Kemarin juga waktu lebaran permintaan Pertamax itu sangat meningkat, karena orang menyadari, seperti di rumah. Kalau pakai Pertamax lebih ringan motornya, lebih hemat. Jadi saya pikir bagus aja bagi lingkungan kita," tandas Sofyan. (Alvin/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.