Sukses

Negara Terbaik yang Terapkan Kesetaraan Gender

Pemeringkatan negara yang menerapkan kesetaraan gender dengan baik dilihat dari partisipasi ekonomi, pendidikan, kesehatan dan politik.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia kalau pria dan wanita sering diperlakukan tidak sejajar di sejumlah negara di dunia. Bahkan sebagian menilai kalau tidak ada negara yang menerapkan kesetaraan gender secara sempurna.

Akan tetapi, berdasarkan laporan World Economic Forum soal Global Gender Gap, kesetaraan gender dapat memberikan manfaat ke negara dan bisnis.

"Beberapa temuan yang paling menarik mengenai manfaat kesetaraan gender muncul dari perusahaan. Misalnya perusahaan memiliki banyak perempuan di tingkat kepemimpinan cenderung mengungguli mereka yang tidak," tulis laporan itu seperti dikutip dari laman Inc, Minggu (26/7/2015).

Dalam pemeringkatan di World Economic Forum itu mempertimbangkan empat faktor kunci antara lain partisipasi ekonomi dan kesempatan, pencapaian pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan politik.

Dari peringkat kesetaraan gender itu, lima negara skandinavia mendominasi dalam urutan lima besar. Sedangkan negara berkembang seperti Nikaragua dan Rwanda masuk dalam urutan 10 besar. Berikut 25 negara terbaik yang terapkan kesetaraan gender bagi perempuan:

1. Islandia

2. Finlandia

3. Norwegia

4. Swedia

5. Denmark

6. Nikaragua

7. Rwanda

8. Irlandia

9. Filipina

10. Belgia

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Berdasarkan laporan World Economic Forum soal Global Gender Gap, kesetaraan gender dapat memberikan manfaat ke negara dan bisnis.

"Beberapa temuan yang paling menarik mengenai manfaat kesetaraan gender muncul dari perusahaan. Misalnya perusahaan memiliki banyak perempuan di tingkat kepemimpinan cenderung mengungguli mereka yang tidak," tulis laporan itu.

Dalam pemeringkatan di World Economic Forum itu mempertimbangkan empat faktor kunci antara lain partisipasi ekonomi dan kesempatan, pencapaian pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan politik. Berikut 25 negara terbaik yang terapkan kesetaraan gender:

11. Swiss

12. Jerman

13. Selandia Baru

14. Belanda

15. Latvia

16. Prancis

17. Burundi

18. Afrika Selatan

19. Kanada

20. Amerika Serikat

21. Ekuador

22. Bulgaria

23. Slovenia

24. Australia

25. Moldova

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini