Sukses

Pefindo Ganjar Prospek Stabil untuk Perum Perumnas

Program sejuta rumah dinilai dapat mengangkat kinerja Perum Perumnas.

Liputan6.com, Jakarta - Perum Perumnas, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang properti mendapat peringkat idBBB+ dan prospek stabil pada periode 8 Juli 2015-1 Juli 2016 dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Analis Pefindo, Anies Setyaningrum menuturkan kinerja perusahaan diperkirakan masih positif sejalan dengan program pemerintah yaitu program sejuta rumah.

"Posisi perusahaan yang memiliki kepentingan strategis terhadap pemerintah dalam menyediakan rumah segmen bawah," kata dia di Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Tak hanya segmen bawah, Perumnas, menurut Anies juga memiliki posisi yang kuat di rumah segmen kelas menengah ke bawah. Dia menambahkan, hal itu juga didukung oleh diversifikasi proyek perusahaan secara geografis. "Dibanding dengan pemain properti lain, proyeknya tersebar dari Sumatera Utara sampai wilayah timur," ujar Anies.

Dia mengatakan peringkat tersebut dapat meningkat jika memperbaiki leverage keuangan dan juga memperbaiki posisi pasar melalu ekspansi.
Peringkat itu juga bisa menurun apabila pendapatan perusahaan di bawah target dan atau menambah utang dari yang diproyeksikan.

"Peringkat juga akan mendapatkan tekanan jika pemerintah secara signifikan mengurangi dukungannya terhadap perusahaan," tandas dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini