Sukses

Ini Jenis Font Terbaik untuk CV Anda

Font atau jenis huruf yang Anda pakai dalam CV sangat berpengaruh pada penilaian pemberi kerja.

Liputan6.com, California - Ketika Anda sedang mencari pekerjaan, detail pada resume atau curriculum vitae (CV) mejadi sangat penting. Seperti juga halnya bahasa tubuh ketika sedang melakukan wawancara, font atau jenis huruf yang Anda pakai dalam CV sangat berpengaruh pada penilaian pemberi kerja.

Kalau Anda memilih font paling konvensional, yaitu Times New Roman, itu kesalahan besar. Jenis font ini terlalu umum bahkan memberi kesan Anda kurang kreatif dan terlalu kaku.

Tapi jangan juga memakai jenis font yang terlalu kreatif, seperti Zapfino (sulit dibaca) dan Courier (tampak seperti ditulis dengan mesin ketik). "Anda tidak punya mesin ketik, jadi jangan berpura-pura memakainya," kata Matt Luckhurst, direktur kreatif sebuah perusahaan konsultan di California, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Entrepreneur.com, Rabu (12/8/2015).

Para pemberi kerja sepakat kalau jenis font terbaik adalah yang bersih, jujur, tanpa basa-basi, dan terlihat profesional. Contohnya, Sans-Serif, Helvetica, dan Garamond. Font jenis Comic Sans dengan ikon-ikon emosinya tentu harus Anda hindari.

Satu lagi yang penting Anda ketahui, kalau mengirim CV ke banyak perusahaan, pastikan menyesuaikan jenis font dengan karakter perusahaan yang dituju. (Elsa/Ndw)

Reporter: Elsa Analet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini