Sukses

9 Kebiasaan Orang Sukses Tanpa Mengeluarkan Uang

Anda pasti pernah memikirkan bagaimana seseorang bisa sukses dan kaya.

Liputan6.com, New York - Anda pasti pernah memikirkan bagaimana seseorang bisa sukses dan kaya. Ide besar, motivasi, konsistensi, dan sedikit keberuntungan mungkin penyebabnya.

Tapi orang sukses juga punya kebiasaan hidup yang patut ditiru. Berikut 9 kebiasaan orang sukses tanpa mengeluarkan uang, seperti dikutip dari Entrepreneur.com, Rabu (12/8/2015):

1. Melakukan meditasi

Oprah Winfrey, Rupert Murdoch, Arianna Huffington, Bill Ford merupakan sederet nama orang sukses yang melakukan meditasi. Menjaga pikiran dan badan dengan relaksasi, olah raga, makan sehat, dan tidur teratur akan meningkatkan kesempatan Anda menjadi sukses.

2. Bangun pagi hari

Presiden Barack Obama, Richard Branson, Tim Cook, Jack Dorsey selalu mengawali hari dengan bangun pagi. Orang yang bangun pagi bisa menjalani hari lebih dulu dibandingkan yang lainnya. Mereka juga cenderung menjadi orang yang lebih bahagia dan proaktif.

3. Melakukan networking

Dengan berhubungan dengan banyak orang, inovasi akan muncul. Selain itu networking membantu orang menjadi semakin baik dalam pekerjaan. Orang sukses cenderung jarang berkeluh-kesah dan mengkritik. Mereka tulus dan berempati.

4. Selalu sibuk

Orang sukses jarang punya waktu senggang. Mereka bisa bekerja hingga lebih dari 60 jam per minggu.

5. Tahu kapan bilang tidak

"Bedanya orang sukses dengan orang sangat sukses adalah orang sangat sukses mengatakan tidak pada hampir semua hal," kata Warren Buffet.

Orang sukses mengatakan tidak pada hal negatif, pekerjaan tambahan, dan kegiatan yang membuang waktu. Dengan cara itu, mereka bisa meningkatkan produktivitas. Kalau mereka mengatakan ya pada semua hal, maka konsentrasinya akan terganggu dan tidak menghasilkan apapun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membaca

6. Tidak nonton televisi, tapi membaca

Menurut penulis Thomas Corley, 67 persen orang kaya hanya menonton televisi sekitar satu jam per hari. Sebanyak enam persen dari orang kaya itu menonton acara reality show.

Sementara, sebanyak 78 persen orang miskin suka menonton reality show. Daripada nonton televisi, hampir 86 persen orang kaya lebih suka membaca. Kebanyakan apa yang mereka baca soal bagaimana membuat diri menjadi lebih baik.

7. Menulis daftar kegiatan yang harus dilakukan semalam sebelumnya

Dengan cara ini, para orang sukses bisa membuat prioritas di hari berikutnya. Mereka tahu apa yang paling penting dikerjakan setiap hari.

8. Membuat tujuan dan memvisualisasikannya

Sebanyak 95 persen orang sukses menuliskan apa tujuan, rencana, dan visi mereka untuk jangka waktu tertentu. Mereka menuliskannya ketika malam atau pagi hari sehingga siap dengan tantangan yang ada di depan mata.

9. Mengelola uang dengan baik

Hal ini tentu sudah jelas. Orang kaya menginvestasikan uangnya dengan bijak, melihat kesempatan, dan menyisihkan uang untuk dana darurat. Mereka juga sangat dermawan dan suka memberi sumbangan. (Elsa/Ndw)

Reporter: Elsa Analet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini