Sukses

China Lemahkan Mata Uang Yuan, Ini Reaksi Darmin

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan pelemahan Yuan sangat berdampak kepada Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah China tercatat sudah tiga kali melemahkan nilai tukar Yuan dalam tiga hari berturut-turut. Kebijakan tersebut menimbulkan kekhawatiran terjadinya perang mata uang (currency war) karena barang atau produk ekspor Negeri Tirai Bambu ini akan dijual dengan harga sangat murah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, langkah China mendevaluasi atau sengaja melemahkan mata uangnya demi mengangkat kinerja ekspor dan menopang pertumbuhan ekonominya yang tengah melambat. Kebijakan itu tentu berdampak terhadap Indonesia.

"Ya masing-masing berusaha untuk tetap berkembang‎, tapi yang lebih akan terkena langsung dampaknya adalah ekonomi dan produk dengan Jepang. Sedangkan untuk itu (perang harga) dengan kita, tidak terlalu besar dampaknya," kata Darmin usai menghadiri Pidato Kenegaraan di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Ketika dikonfirmasi mengenai potensi impor membengkak karena China menawarkan harga barang lebih murah, Darmin mengaku itu merupakan pilihan.

"Ekspor atau impor kan bisa memilih mau dari sana atau bukan. Kalau dia menjadi lebih murah, ya memang cenderung dari sana," terang Darmin.

untuk diketahui, People's Bank of China (Bank Sentral China) terus melemahkan mata uang (devaluasi) Yuan terhadap terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Tercatat, Bank Sentral China telah tiga kali secara berturut-turut melemahkan Yuan sejak Selasa, 11 Agustus 2015 hingga Kamis, 13 Agustus 2015. Devaluasi tersebut mendorong Yuan jatuh ke level terendah dalam empat tahun terakhir.

People's Bank of China menetapkan kurs tengahnya pada 6,4010 yuan per dolar pada Kamis. Yuan kembali terperosok 1,1 persen dari hari sebelumnya. Kurs tengah sentuh 6,4 Yuan per dolar AS merupakan yang pertama kalinya sejak sejak Agustus 2011.

Bank sentral China mengendalikan Yuan melalui referensi kurs tengahnya. Negeri Tirai Bambu ini sengaja melemahkan Yuan sebesar 1,9 persen terhadap dolar AS pada 11 Agustus 2015. Kemudian kembali melemahkan mata uangnya 1,6 persen pada Rabu 12 Agustus 2015. 

China melemahkan mata uang Yuan terjadi menyusul data ekonomi China memburuk. Hal itu membuat pasar curiga kalau China akan melakukan intervensi mata uangnya melemah dalam jangka panjang.

Dengan pelemahan Yuan akan membantu ekspor China di pasar global. Pada akhir pekan lalu, data ekonomi China menunjukkan kalau ekspor turun 8,3 persen pada Juli. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini