Sukses

7 Kebiasaan Tak Produktif yang Sering Anda Lakukan

Beberapa perilaku yang terlalu sering kita lakukan ternyata memiliki efek buruk terutama pada pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Kita sering mengalami masa dimana otak yang kita miliki menolak untuk melakukan pekerjaan yang sedang dilakukan. Sekeras apapun Anda berusaha untuk mencoba menyelesaikan pekerjaan yang ada, gairah Anda dalam bekerja justru semakin hilang.

Tahukah Anda bahwa apa yang Anda alami tersebut berasal dari kebiasaan buruk yang selama ini Anda lakukan? Beberapa perilaku yang terlalu sering kita lakukan ternyata memiliki efek buruk terutama pada pekerjaan yang sedang kita kerjakan.

Berikut adalah 7 kebiasaan buruk yang harus Anda hindari demi agar dapat meningkatkan produktivitas Anda seperti dikutip dari laman Lifehacks.org, Minggu (30/8/2015):

1. File computer yang tidak terorganisir

“skdajfj…”

Pernahkah Anda menamakan file di komputer Anda seperti yang tertulis di atas dikarenakan Anda terlalu terburu-buru untuk menyimpan file yang ada? Jika ya, maka Anda harus mulai dapat menghilangkan kebiasaan buruk tersebut untuk selama-lamanya.

Demi meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja, Anda harus mampu mengorganisir file-file yang ada untuk menghindari situasi dimana Anda tidak dapat menemukan file yang diperlukan. Anda mungkin berpikir bahwa hal ini bukanlah merupakan perkara yang besar. 

Anda akan tetap mampu menemukan semua file yang Anda perlukan karena memang komputer tersebut merupakan milik pribadi. Namun, yang Anda tidak tahu adalah hal tersebut akan menjadi kebiasaan buruk bagi diri Anda kedepannya.

Cara efektif yang dapat dilakukan untuk melawan kebiasaan buruk ini adalah dengan menccocba memulai dari hal-hal yang kecil. Cobalah tanamkan dalam diri Anda untuk tetap mengorganisir dengan rapi semua file yang ada. 

Dengan begitu Anda dapat memiliki niat yang kuat sehingga dapat membantu Anda untuk menyelesaikan semua pekerjaan dan membuat Anda lebih produktif kedepannya.

Banyak orang seringkali terlalu malas dan melupakan semua file yang tidak terpakai dalam komputer pribadinya yang berujung pada terisinya malware atau virus di computer tersebut. Hal ini dapat sangat mengganggu Anda dan menurunkan produktivitas Anda di kantor. Jadi cobalah untuk tetap mengorganisir semua file yang ada.

2. Mencari playlist terbaik

Sebelum mulai bekerja, banyak orang biasanya memulai hari mereka dengan memilih lagu yang dapat menemani mereka bekerja. Tidak ada salahnya dengan hal ini, justru hasil penelitian menunjukkan bahwa musik dapat membantu Anda untuk lebih fokus dan menghilangkan stres serta kegelisahan. 

Akan tetapi, yang banyak terjadi adalah, ketika Anda memilih sebuah daftar putar lagu, ada saja sebuah lagu yang tidak Anda suka yang mengakibatkan Anda untuk mengganti lagu tersebut atau memilih untuk memutar daftar putar yang lain. Inilah hal yang dapat menurunkan produktivitas Anda. Dibandingkan bekerja, waktu Anda justr habis untuk memilih lagu yang sesuai.

Untuk itu, apabila Anda memang ingin memasang lagu untuk menemani Anda dalam bekerja, pilihlah lagu-lagu bernuansa jazz atau klasik. Genre musik ini akan membantu Anda focus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan yang ada.

3. Selalu mudah untuk dihubungi

Tidak dapat dipungkiri, sosial media sudah menjadi salah satu bagian terbesar dalam hidup kita saat ini. Entah hanya untuk sekedar memperbaharui status, mengunggah foto bersama teman, ataupun melihat kabar terbaru apa yang sedang dibicarakan orang, selalu ada saja cara untuk dapat menghubungi seseorang lewat sosial media. Belum lagi fitur telepon genggam lain yang juga mampu membuat kita berhubungan dengan rekan kita yang lain.

Situs sosial media ataupun fitur lain di telepon genggam yang dapat membuat kita selalu berhubungan dengan orang lain memang sangat bermanfaat. Tapi nyatanya, banyak orang yang justru terlalu sibuk dan terus menerus mengecek sosial media yang mereka miliki dan berefek pada menurunnya produktivitas kerja yang dilakukan.

Jika pekerjaan Anda terus menerus terganggu akan hal ini, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengeset waktu tertentu yang dapat Anda pakai untuk mengecek semua keperluan pribadi Anda. Dengan memiliki waktu khusus seperti ini, Anda dapat berupaya untuk lebih produktif mengerjakan pekerjaan yang ada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Duduk dengan postur yang salah

4. Duduk dengan postur yang salah

Tahukah Anda bahwa duduk dan berdiri dengan posisi yang salah dapat menurunkan produktivitas Anda? Postur yang salah dapat mengakibatkan beberapa sendi di bagian tubuh Anda terasa nyeri yang berakibat pada terganggunya fokus Anda selama bekerja. 

Jika selama bekerja Anda sering mengalami sakit punggung ataupun sakit kepala, berarti Anda sering memakai postur yang salah selama bekerja. Hal ini bukan hanya dapat mengganggu produktivitas, tapi juga berbahaya bagi kesehatan Anda kedepannya.

Semakin tubuh Anda merasa kelelahan, pikiran Anda pun semakin menolak untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Untuk menghindari hal ini terjadi, Anda harus memberikan perhatian tidak hanya pada tingginya kursi dan meja kerja Anda, tetapi juga pada posisi badan keseluruhan Anda. 

Postur yang jelek juga dapat diakibatkan dari kurangnya diri Anda untuk berolahraga. Untuk itu, tetaplah untuk menjaga pola makan sehat serta berolahraga secara rutin. Hal ini dapat membantu Anda untuk merasa lebih berenergi sepanjang hari.

5. Memakai pakaian yang nyaman namun tetap tampil rapi

Semua orang ingin tampil rapi ketika pergi ke kantor, terutama apabila sedang berhubungan dengan klien atau orang yang penting. Namun, beberapa pakaian justru ada yang terlihat begitu baik namun tidak nyaman untuk dipakai karena menghalangi Anda untuk bergerak dengan bebas. Untuk itu, Anda harus cermat dalam memilih pakaian apa yang sebaiknya Anda pakai bekerja.

Duduk di kantor selama 8 jam dengan menggunakan dress ataupun kemeja mahal yang ternyata tidak terlalu nyaman dipakai hanya akan membuat Anda kehilangan focus ketika bekerja.Jadi, jika selama ini Anda berpikir bahwa pakaian yang Anda pakai ke kantor tidak memiliki efek apa-apa terhadap pekerjaan Anda, Anda salah besar. Justru, ketika Anda memakai sesuatu yang bagus dan nyaman, produktivitas Anda dalam bekerja justru dapat lebih tinggi.

6. Membawa pekerjaan kantor ke rumah

Jika ada pekerjaan yang belum dapat Anda selesaikan di kantor, seringkali Anda membawa pekerjaan tersebut ke rumah untuk dapat segera di selesaikan. Hal tersebut sepatutnya tidak Anda lakukan. Menekan diri Anda untuk tetap produktif sepanjang hari merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan. Apabila Anda melakukan hal ini, yang ada justru diri Anda terlalu lelah untuk menghadapi pekerjaan di hari esoknya.

Sebuah pekerjaan sebaiknya memang tetap dikerjakan di kantor. Apabila Anda sudah pulang dan sampai di rumah, waktu yang ada Anda sebaiknya dedikasikan untuk keluarga. Jika Anda tidak mampu menyelesaikan pekerjaan Anda hari ini, selesaikanlah esok harinya, tidak apa-apa. Oleh karena itu, Anda harus mampu mengetahui sejauh apa diri Anda dapat produktif sepanjang hari.

7. Memakan sarapan di kantor

Terlambat bangun pagi seringkali membuat Anda akhirnya memutuskan untuk memakan sarapan yang ada di dalam kantor. Hal tersebut sebaiknya tidak Anda lakukan. Tahukah Anda, jika Anda ingin memiliki produktivitas kerja yang baik, maka Anda harus mampu datang ke kantor dengan mood serta keinginan yang kuat untuk bekerja. Memakan sarapan di kantor justru akan menghilangkan focus Anda pada pekerjaan.

Makanan memiliki hubungan yang erat dengan fungsi kognitif dari tubuh manusia. Oleh karena itu Anda harus mampu untuk memakan makanan yang sehat untuk menghasilkan daya kerja yang baik pula. (Vna/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini