Sukses

Jokowi: Saya Tahu Cara Main Pengusaha

Jokowi yang dulunya pengusaha meubel, mengaku mengerti betul seluk beluk permainan pengusaha

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kabar mengenai rencana pemerintah mengambil opsi impor beras, [Presiden Joko Widodo](2327328 "") (Jokowi) tetap berharap agar produksi pertanian yang dihasilkan para petani di Indonesia terus meningkat. Jokowi meminta agar tidak ada pihak yang dirugikan di tengah melimpahnya hasil produksi pangan di Indonesia.

Selain itu, Jokowi memperingatkan para pengusaha penggilingan untuk tidak berlaku curang. Jokowi, yang dulunya pengusaha meubel itu mengaku mengerti betul seluk beluk permainan pengusaha.

"Saya prinsip hanya itu saja, jangan ada yang dirugikan. Supaya bapak ibu tahu saja, saya kan juga mantan pengusaha, ngerti lah cara main-mainnya seperti apa. Tapi harus melakukan apa, saya juga sudah sangat memahami," ucap Jokowi saat menerima para pengusaha padi di Istana Negara, Jakarta, Senin, (28/9/2015).

Jokowi menyampaikan, dirinya selalu memantau perkembangan harga pasar, baik laporan dari para menteri, BULOG, maupun memantau langsung harga-harga di pasar. Laporan mengenai perkembangan harga pangan khususnya beras selalu ia pantau tiap waktu.

"Jika perlu saya sampaikan pada siang hari ini, saya melihat di pasar. Saya ini harian, selain dari Kepala Bulog, dari menteri, harian itu selalu saya lihat beras naik atau tidak naik, turun atau naik, atau tetap, karena saya harus melakukan sesuatu," kata Suami Iriana ini.

Sejauh ini, berdasarkan hasil pantauannya, ketersediaan stok beras cukup dan harga relatif stabil. Namun menurutnya, pemerintah sudah menyiapkan langkah antisipasi bila tiba-tiba harga sulit dikendalikan.

‎"Kalau hitung-hitungan kalkulasi naik dan saya lihat sulit untuk dikendalikan, maka solusinya operasi pasar. Kalau operasi pasar belum menurunkan ya akan cari jalan yang lain," ucap Presiden.

Ia yakin, walau masih menghadapi El Nino, namun produksi beras dapat dalam negeri masih dapat terpenuhi tanpa harus impor dari negara lain.

"Saya optimistis kalau petani terus berproduksi, beras kita akan melimpah. Bapak ibu, tentu saja juga harus siap-siap, karena kita pengen petaninya untung, penggilingan padi juga untung, pedagang berasnya untung, pengusaha berasnya juga untung, tapi masyarakat juga harus diuntungkan," ujar Jokowi saat menerima para pengusaha penggilingan Padi .

Lebih lanjut dia berharap dalam pertemuannya dengan para pengusaha penggilingan padi, dirinya mendapat banyak masukan dan mengetahui apa saja permasalahan yang dihadapi dan berbagai persoalan yang dianggap yang menghambat.

"Saya ingin mendengar masukan, permasalahan dari hulu sampai ke bawah, ke hilir, problem-nya apa, terutama dari pelaku. Saya berharap karena minggu-minggu kemarin saya mulai melihat ada yang naik seratus di satu dua daerah, tapi ada yang dua ratus di satu dua daerah, betul saya lihat, saya lihat seluruh daerah semuanya," pungkas Jokowi. (Luq/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini