Sukses

Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 1,15 Triliun ke Prima Petikemas

Sampai dengan Juni 2015, Bank Mandiri telah mengucurkan kredit infrastruktur sebesar Rp 38,2 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk memberikan pembiayaan senilai Rp 1,15 triliun kepada PT Prima Terminal Petikemas (PTP), anak usaha Pelindo I, untuk membantu pembangunan Terminal Petikemas Belawan Fase 2.

Penandatanganan perjanjian kredit berjangka waktu 15 tahun tersebut dilakukan oleh Senior Vice President Bank Mandiri Indarto Pamoengkas dan Direktur Utama PTP Jansen Sitohang dan disaksikan oleh Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar dan Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana di Plaza Mandiri, Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri, Royke Tumilaar mengatakan, penyaluran kredit ini bertujuan untuk mempercepat pengadaan infrastruktur nasional guna mendorong pertumbuhan ekonomi Tanah Air yang jauh lebih baik di masa datang. 

“Pemberian kredit ini merupakan salah satu realisasi komitmen Bank Mandiri dalam memperkuat daya dukung infrastruktur nasional, termasuk sektor kemaritiman. Melalui sinergi ini, kami juga berharap bahwa program tol laut yang telah dicanangkan pemerintah dapat terwujud sehingga memberi daya dorong lebih baik bagi perekonomioan nasional,” kata Royke dalam keterangan tertulis. 

Bank Mandiri, lanjut Royke, memiliki keinginan kuat untuk membantu pengembangan infrastruktur di Tanah Air. Pasalnya, dengan infrastruktur yang baik maka lalu lintas barang dan jasa akan semakin lancar dan terjangkau.

Sampai dengan Juni 2015, Bank Mandiri telah mengucurkan kredit infrastruktur sebesar Rp 38,2 triliun. Dari jumlah tersebut, sebesar Rp 17,9 triliun diantaranya atau sekitar 47 persen diperuntukkan bagi sektor perhubungan darat, laut dan udara. 

Pembangunan infrastruktur Terminal Petikemas Belawan Fase 2, merupakan langkah aktif Pelindo I untuk memenuhi kebutuhan pelabuhan peti kemas wilayah Sumatera Utara dan mendukung sistem logistik nasional, khususnya di wilayah Indonesia Barat.

Pembangunan fisik direncanakan akan selesai dalam waktu 3 tahun, meliputi pekerjaan reklamasi, pembangunan dermaga, pembangunan container yard dan fasilitas pendukung serta penyediaan alat bongkar muat petikemas yang terintegrasi dengan sistem IT. (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bank Mandiri merupakan salah satu bank ternama di Indonesia.

    Bank Mandiri

  • PT Pelabuhan Indonesia I atau Pelindo I adalah salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan di Indonesia.

    pelindo I