Sukses

Apindo: 1 Juta Buruh Terancam PHK Hingga Akhir 2015

Kondisi ekonomi di dalam negeri yang belum juga membaik serta menurunnya daya beli masyarakat membuat industri lokal dalam keadaan sulit

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi ekonomi di dalam negeri yang belum juga membaik serta menurunnya daya beli masyarakat membuat industri lokal dalam keadaan sulit. Lebih jauh lagi, kondisi ini berpotensi meningkatkan kasus pemutusan hubungan kerja (PHK).

Director of Business Development Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Aditya Warman mengatakan, hingga saat ini potensi PHK tengah membayangi sekitar 600 ribu hingga 700 ribu pekerja di dalam negeri. Jika kondisi ekonomi belum juga membaik, hingga akhir tahun potensi PHK bisa meningkat hingga 1 juta tenaga kerja.

"Hingga Desember, diprediksi mendekati hingga 1 juta pekerja buruh kehilangan pekerjaan," ujarnya di Kantor APINDO, Jakarta, Kamis (1/10/2015).

Guna mengantisipasi hal ini, pemerintah diminta segera memperbaiki kondisi ekonomi di dalam negeri. Sejauh ini, pemerintah mengeluarkan dua paket kebijakan. Para pengusaha menunggu keampuhan paket-paket kebijakan tersebut memperbaiki kondisi ekonomi.

"Tanpa ada sinergi rasanya sedang bertarung dalam satu ring dan pemerintah nggak bisa berbuat apa-apa," lanjutnya.

Sedangkan bagi pengusaha, Aditya berharap bisa lebih berhati-hati dalam mengambil langkah bisnisnya di tengah kondisi ekonomi yang tengah melambat dan menurunnya daya beli masyarakat ini. Sebab jika tidak, akan semakin banyak kasus PHK terjadi di dalam negeri.

"Hati-hati kemampuan produkstivitas masing-masing pengusaha. Kenapa? Karena daya beli masyarakat menurun. Sebab harga naik, kenapa? Karena impor naik," tandasnya. (Dny/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini