Sukses

RI Ciptakan Listrik dari Rumput Laut

Pengembangan listrik dari rumput laut ini menggunakan teknologi asal Belanda.

Liputan6.com, Purwakarta - PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) sedang mengembangkan [pembangkit listrik tenaga biogas](2340310 "" yang bersumber energi dari rumput laut.

Direktu Utama PJB Muljo Adjie mengatakan, dalam mengembangkan pembangkit tersebut. anak usaha PT PLN (Persero) itu menggandeng Universitas Diponegoro, dengan menggunakan teknologi asal Belanda.

"Kita juga mencoba eksplorasi sumber lain sekarang kita pelajari dengan Universitas Diponegoro teknologi dari Belanda, Pembangkit listrik tenaga biogas dari rumput laut," kata Muljo di Kantor PJB Unit Pembangkitan Cirata, Kamis (15/10/2015).

Menurut Muljo, pengembangan pembangkit listrik tenaga biogas bersumber energi rumput laut sangat memungkinkan. Pasalnya, sebagai negara kepualuan Indonesia memiliki bentangan pantai sangat luas.

"Kita lihat negara kita besar, luas laut banyak petani rumput laut," tutur Muljo.

Muljo menambahkan, jika pengembangan pembangkit listrik tenaga biogas tersebut berhasil, maka bisa menerangi pulau-pulau yang saat ini belum menikmati listrik.

"Kalau ini berhasil kita bisa terangi pulau lain," ungkapnya.

Muljo mengaku sempat mendapat cibirian atas ide aneh tersebut. Pasalnya, masih banyak pihak yang berpikir lebih baik perusahaan menggunakan sumber energi yang lebih mudah seperti batu bara atau gas.

"Banyak mentertawakan PJB, kenapa susah-susah bikin listrik dari rumput laut," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.