Sukses

Pegadaian Imbau Masyarakat Waspada Penipuan Lewat SMS

Manajemen PT Pegadaian (Persero) menyatakan pihaknya tidak mempunyai program undian dengan memungut biaya kepada masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Pegadaian (Perseroan) menyatakan saat ini beredar penipuan dengan modus undian Pegadaian palsu. Penipuan dilakukan dengan mengiriman pesan pendek (sms) kepada masyarakat secara acak yang memberitahukan kalau penerima mendapatkan undian berhadiah dari PT Pegadaian (Persero).

Selanjutnya mereka diminta melakukan informasi ke website.undianpegadaian.weebly.com serta melakukan konfirmasi ke nomor telepon tertentu. Penerima diminta melakukan transfer sejumlah uang untuk membayar pajak dan biaya administrasi.

Humas PT Pegadaian (Persero) Basuki Tri Andayani menyatakan, kalau undian Pegadaian yang memungut biaya pada pemenang di atas tidak benar dan merupakan tindakan penipuan. Kepada seluruh masyarakat diminta waspada dan melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila dirugikan.

"PT Pegadaian (Persero) tidak mempunyai program undian dengan memungut biaya kepada masyarakat. Program hadiah yang diberikan oleh Pegadaian berupa program kemilau emas yang diundi setiap tiga bulan atau empat kali dalam setahun. Para pemenang tidak dikenakan biaya apapun karena biaya pajak dan administrasi ditanggung oleh Pegadaian. Para pemenang dihubungi oleh petugas dari Pegadaian dan dapat melakukan konfirmasi ke outlet-outlet terdekat," kata Basuki seperti dikutip dari keterangan tertulis Kamis (15/10/2015).

Program kemilau emas pegadaian program pemberian hadiah yang diundi dari poin yang dikumpulkan melalui transaksi yang dilakukan nasabah. Setiap transaksi senilai 500 ribu mendapatkan satu poin dan berlaku kelipatannya.Poin tersebut diundi secara terbuka di hadapan notaris, pejabat Kementerian Sosial RI, dan pejabat kepolisian.

Para pemenang diumumkan di website resmi pegadaian.co.id, media sosial, poster dan dipublikasikan melalui media cetak. Pegadaian memberikan hadiah utama untuk produk gadai KCA, Krasida, dan pembiayaan investasi emas untuk outlet Pegadaian konvensional berupa 1 keping emas batangan seberat 500 gram, hadiah kedua 250 keping emas batangan 10 gram, dan hadiah ketiga 750 keping emas batangan masing-masing dengan pecahan lima gram.

Untuk hadiah utama produk Gadai Syariah dan pembiayaan investasi emas untuk outlet Pegadaian Syariah 1 keping emas batangan seberat 250 gram, hadiah kedua 6 paket ibadah umroh, dan 125 keping pecahan lima gram sebagai hadiah ketiga. "Undian kemilau emas Pegadaian tahap III tahun 2015 akan dilaksanakan pada 12 November 2015," kata Basuki. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini